Sukses

Siswa SD di Tulungagung Keracunan Susu

Puluhan siswa Sekolah Dasar Waung II, Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, keracunan susu yang merupakan bagian dari program pemberian makanan tambahan. Susu tersebut produksi KUD Sri Sedono Ngunut.

Liputan6.com, Tulungagung: Sebanyak 62 siswa Sekolah Dasar Waung II, Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, keracunan susu, Jumat (13/8) pagi. Para siswa terpaksa dilarikan ke Pusat Kesehatan Masyarakat Boyolangu dan 27 siswa yang menderita serius dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dokter Ishak.

Susu yang diminum para siswa adalah bagian dari program pemberian makanan tambahan yang diberikan setiap hari Jumat. Susu yang dikemas dalam botol tanpa merek tersebut diproduksi Koperasi Unit Desa Sri Sedono Ngunut.

Menurut kesaksian para siswa, rekan-rekannya langsung mual dan muntah-muntah sesaat setelah minum susu. Untuk pengobatan pertama para siswa diberi obat antialergi. Seluruh siswa yang dirawat di Puskesmas Boyolangu sudah diperbolehkan pulang sedangkan yang di RSUD dr. Ishak masih dirawat secara intensif. Polisi sejauh ini masih memeriksa sejumlah guru dan pengelola KUD Sri Sedono Ngunut.

Kasus keracunan serupa juga menimpa ratusan murid di kompleks Sekolah Dasar Garuda, Jalan Dadali, Bandung, Jawa Barat, Rabu silam. Mereka dilarikan ke Rumah Sakit Umum Rajawali karena merasa sakit perut dan muntah-muntah setelah minum susu kemasan bermerek Real Good produksi PT Green Field Indonesia, Malang, Jatim [baca: Ratusan Murid SD di Bandung Keracunan].(YYT/Mohammad Khodim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.