Sukses

Di Spanyol, Harimau Langka Berwarna Putih Dilahirkan

Bayi macan putih itu dinamakan Artico. Para pengasuh Artico sebelumnya memang sengaja tidak mengumumkan lahirnya harimau tersebut. Mereka menunggu hingga Artico sehat secara fisik untuk tampil di depan publik.

Liputan6.com, El Arca: Seekor harimau langka bermata biru serta berbulu putih tanpa loreng lahir di suaka marga satwa El Arca, Provinsi Alicante, Spanyol Selatan, baru-baru ini. Tengok saja seekor anak harimau putih (Panthera tigris bengalis) bernama Artico, yang kini telah berumur tiga bulan. Menurut pengurus suaka, nama Artico diambil dari bahasa Spanyol yang berarti Kutub Utara. Padahal, induk dan saudara-saudara Artico termasuk ke dalam jenis Benggala yang normal dengan bulu oranye serta loreng hitam. Yang terjadi pada harimau kecil itu diduga disebabkan oleh mutasi gen.

Para pengasuh Artico sebelumnya memang sengaja tidak mengumumkan kelahiran harimau unik tersebut. Pasalnya, mereka ingin bayi harimau ini secara fisik cukup sehat tampil di depan publik. Sayangnya, hingga kini Artico masih membutuhkan perhatian khusus karena mengalami kesulitan mencerna makanannya.

Harimau langka seperti Artico biasanya lahir di hutan. Namun Artico sulit untuk bertahan hidup. Itu disebabkan perbedaan warna kulit yang mengakibatkan mereka ditolak. Bahkan sering kali macan putih kecil ini diserang oleh harimau-harimau lainnya. Diperkirakan, jumlah harimau seperti ini hanya ada 20 ekor di seluruh dunia.

Keberadaan macan putih minus loreng juga pernah terjadi pada pertengahan April tiga tahun silam di Kebun Binatang Xiangjiang, Cina [baca: Harimau Putih Kembar Lahir di Xiangjiang]. Pihak kebun binatang itu memperkenalkan keluarga istimewanya berupa bayi harimau putih kembar. Dengan kelahiran ini, jumlah harimau putih di kebun binatang tersebut bertambah menjadi enam ekor.(AIS/Dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.