Sukses

Kiat Ahok Permudah Atasi Banjir Jakarta

Maka itu Pemprov DKI akan mendesak LKPP supaya sheet pile atau dinding turap BUMN masuk ke e-catalog.

Pemprov DKI akan mendesak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) memasukkan bahan sheet pile atau dinding turap milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke dalam electronic catalog (e-catalog).

"Kita akan desak LKPP supaya sheet pile-nya BUMN itu bisa masuk ke e-catalog. Jadi kalau pengadaan barang, kita bisa beli sheet pile beberapa lembar, lalu kita pasang, makanya biar cepat. Termasuk pompa air juga akan masuk ke dalam e-katalog," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Sebab, menurut pria yang akrab disapa Ahok ini, pembangunan dinding turap pada waduk ataupun sungai merupakan langkah pendek mengatasi masalah banjir yang menahun di Jakarta.

"Kita akan bikin sheet pile. Kita bakal kejar itu seperti di Kali Angke, kita akan bikin sheet pile. Kan masih banjir di Grogol, makanya kita akan bangunkan sheet pile," ucap Ahok.

Pemprov DKI memasang pompa dan memperbanyak pembangunan waduk di kawasan Jakarta Utara sebagai salah satu langkah antisipasi banjir. Untuk memperkokoh dinding waduk, dibangun turap di sungai dan waduk, serta pintu air yang baru. Pengerjaan tersebut membutuhkan anggaran lebih dari Rp 5 triliun. (Rmn/Sss)

Baca juga:

Cek Bus Tingkat Wisata, Ahok: Bisa Saja Ada Persoalan
Pelatihan Sopir Kopaja dan Metromini, Ahok: Tunggu Bus Baru
Blok G Tanah Abang Sepi, Jokowi: Jangan Semua Minta Disuntik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini