Sukses

Jokowi-Ahok Temukan Indikasi Penyelewengan Pengadaan Bus

Jokowi dan Ahok mengakui laporan inspektorat mengindikasikan adanya penyelewengan dalam proses pengadaan bus Transjakarta dan BKTB.

Inspektorat Provinsi DKI Jakarta telah memberikan laporan hasil penyelidikannya terhadap bus-bus baru ukuran sedang yang ditemukan karatan dan rusak kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi.

Jokowi pun mengakui berdasarkan laporan tersebut terdapat indikasi penyelewengan dalam proses pengadaan armada untuk Transjakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB).

"Memang ada kemungkinan itu (penyelewengan). Tapi saya nggak mau mendahului. Nantilah kalau sudah rampung. Nanti lapangannya dilihat. Kalau sudah dilaporin, baru ditengok," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Suami Iriana tersebut menekankan, penyelewengan itu terkait prosedur penanganan, bukan hanya fokus pada kerusakan mesin dan badan bus Transjakarta serta BKTB.

"Ini bukan kerusakan bus, prosedur. Sudahlah, nggak mau bicara prosedur, tapi dicek bener lapangannya. Dicek betul fisiknya, kalau ada penyelewengan, tanggung jawab," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang membantah adanya keterlibatan pihak tidak bertanggung jawab dalam laporan inspektorat, melainkan terkait kesalahan prosedur pengadaan bus.

"Tidak ada soal oknum-oknum. Hanya ada indikasi kesalahan prosedur, ada indikasi itu," imbuh pria yang akrab disapa Ahok itu.

Karena itu, Pemprov DKI meminta pendampingan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit terhadap pengadaan bus-bus tersebut. Sebab keduanya menginginkan pemeriksaan yang lebih teliti dan detail terkait masalah tersebut. (Ado/Sss)

Baca juga:

Curiga Ada Mark Up Pengadaan Bus, Ahok Gandeng BPK
Ahok: Bus Karatan Tak Sesuai Spek, Balikin!
Kadishub DKI Janji Bantu Inspektorat Selidiki Bus Karatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini