Sukses

Sewa Gratis Kios di Blok G Tanah Abang Diperpanjang 6 Bulan

Jokowi telah menginstruksikan kepada Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis terkait perpanjangan sewa gratis Pasar Blok G.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan, kebijakan sewa gratis untuk kios-kios di Blok G akan diperpanjang. Pria yang akrab disapa Jokowi itu telah menginstruksikan kepada Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis terkait perpanjangan tersebut.

"Tadi sudah saya perintah ke PD Pasar Jaya supaya 6 bulan ini diberikan kelonggaran lagi," ujar Jokowi usai mengunjungi Blok G Pasar Tanah Abang, Selasa (25/2/2014).

Namun, karena hal itu masih berupa instruksi, kepastiannya berada di tangan pihak PD Pasar Jaya. Yang terpenting, ia telah memberikan perintah agar para pedagang diberi toleransi terkait penyewaan kios.

"Tapi itu urusannya PD Pasar Jaya. Jangan tanya lagi ke Gubernur. Sudah saya perintah," imbuh mantan Walikota Surakarta itu.

Pada awal renovasi Blok G selesai, untuk menarik pedagang bersedia pindah dari pinggiran jalan, sewa kios-kios digratiskan selama 6 bulan pertama oleh pihak Pasar Jaya.

Namun, hal itu tidak juga cukup membantu karena sejumlah pedagang akhirnya memilih meninggalkan Blok G yang dinilai sepi pengunjung. Terutama pedagang di lantai 2 dan 3.

Mereka kembali memilih berjualan di jalanan yang dinilai lebih laku. Beragam cara sudah dilakukan Pemprov DKI Jakarta supaya pasar ini ramai, seperti hiburan musik, akses wifi, hingga hadiah mobil. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Jokowi Dukung Pemindahan Tukang Sablon Pasar Senen ke Blok G
Strategi Baru Pemprov DKI `Hidupkan` Blok G Tanah Abang
PKL Blok G ke Jalan Lagi, Ahok Curiga Bukan Pedagang Asli
[VIDEO] Blok G Tanah Abang Sepi Pembeli, Banyak Kios Tutup


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.