Sukses

600 Warga Kampung Pulo Kembali Mengungsi

Sofyan mengatakan, sebagian besar warga lainnya memilih tetap bertahan di lantai 2 rumah mereka.

Hujan yang terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya kembali mengakibatkan banjir. Salah satu permukiman padat penduduk langganan banjir yaitu Kampung Pulo kembali terendam banjir dengan ketinggian 2,5 meter. Akibatnya ratusan warga yang sempat membersihkan rumah, harus kembali ke sejumlah lokasi pengungsian.

"Di Kantor Sudinkes sudah ada 176 warga yang mengungsi, sementara di RS Hermina ada 315 jiwa, di Masjid At-Tawabbin 87 jiwa, dan di Pos RW 03 sebanyak 35 jiwa. Ini warga masih terus bertambah," kata Camat Jatinegara, Sofyan Taher di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2014).

Banjir akibat luapan Kali Ciliwung ini setidaknya menggenangi rumah warga sejak sekitar pukul 01.00 WIB, dengan ketinggian hingga dari 2,5 meter. Ratusan warga terutama yang tinggal di RW 02 dan 03 mulai kembali ke lokasi pengungsian di beberapa titik.

Sofyan mengatakan hingga kini total 610 jiwa di RW 02 dan 03 telah mengisi posko-posko pengungsian. Sofyan mengatakan, sebagian besar warga lainnya memilih tetap bertahan di lantai 2 rumah mereka.

Selain Kampung Melayu dan Cipinang Melayu, banjir juga melanda sejumlah permukiman terutama yang dilintasi Kali Ciliwung seperti Gang Arus, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati dan Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara.

Berdasar pantauan di Kampung Pulo, meski tak sampai memutus lalu lintas di Jalan Jatinegara Barat seperti sebelumnya, kemacetan tetap melanda jalan yang merupakan akses dari Kampung Melayu menuju Matraman ini.

Selain itu, petugas dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur telah bersiaga di tanggul Kali Ciliwung di Kampung Pulo untuk mengevakuasi warga. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Bogor-Jakarta Hujan Deras, Pintu Air Manggarai Masih Siaga III
BPBD: Hujan-Angin Kencang di Jabodetabek Hingga Pukul 05.00 WIB
`Banjir Kampung Pulo Mirip Sinetron, Ada 5 Episode`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini