Sukses

Latih Sopir Kopaja dan Metromini, Pemprov DKI Gandeng Hino

Bus-bus Kopaja dan Metromini yang sudah tidak laik akan diganti dengan bus-bus sedang Transjakarta.

Pemprov DKI akan bekerja sama dengan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) untuk melaksanakan pelatihan terhadap sopir-sopir Kopaja dan Metromini. Sebab, bus-bus Kopaja dan Metromini yang sudah tidak laik akan diganti dengan bus-bus sedang Transjakarta, sehingga perlu peningkatan kualitas pengemudi.

"Secara perilaku mengemudi juga harus berbeda. Pelatihan nanti kerja sama dengan Hino sebagai produsen, mereka punya training center. Mungkin juga Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) lain," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar di Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Ia mengatakan, pengetahuan teknis para sopir Kopaja dan Metromini belum sesuai dengan harapan, sehingga pihak Transjakarta merasa penting untuk memberikan pelatihan. Mengingat kualitas bus seharusnya sesuai dengan kualitas pengemudinya.

Mereka disiapkan untuk mengemudikan bus sedang, single, serta bus gandeng. Kemudian nantinya, sistem setoran tidak lagi berlaku melainkan para sopir tersebut akan menerima gaji setiap bulannya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun mengatakan hal senada. Namun, mengenai waktu pelatihan belum dapat ditentukan karena sambil menunggu pembelian bus oleh Pemprov DKI.

"Nanti kita akan minta dari Hino atau dari Skania untuk latih. Waktunya nanti nunggu kita beli barang dulu," kata pria yang akrab disapa Ahok itu. (Mut/Ism)

Baca juga:

Jokowi: BKTB untuk Jadi Contoh, Bukan Saingi Kopaja dan Metromini

Bus Terintegrasi Busway Beroperasi, Sopir Angkot Demo Jokowi

Masyarakat Transportasi Desak Restrukturisasi Trayek di DKI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini