Sukses

Bogor-Jakarta Hujan Deras, Pintu Air Manggarai Masih Siaga III

Beberapa Pintu air di jakarta berada dalam status Siaga III dan berdampak pada munculnya genangan dan banjir di sebagian wilayah Jakarta.

Hujan deras di kawasan Bogor dan sekitarnya membuat ketinggian muka air di  pintu-pintu air di Jakarta meningkat. Beberapa diantaranya berada dalam status Siaga III dan berdampak pada munculnya genangan dan banjir disebagian wilayah Jakarta.

"Karena hujan deras di Bogor, kondisi air meningkat. Di Pintu air Manggarai sendiri tinggi air sejak pukul 03.00 WIB sampai saat ini mencapai 800 cm dan berada pada level Siaga III," ujar Kepala Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Bambang Surya Putra dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, selasa, (25/2/2014).

Akibat naiknya debit air dipintu air Manggarai sebagian wilayah yang dilalui oleh bantaran sungai Ciliwung seperti di kawasan Kampung Pulo, Bukit Duri, Budara Cina dan Rawajati tergenang banjir. "Karena air naik, otomatis kawasan-kawasan langganan banjir pagi ini kembali kebanjiran," kata Bambang.

Lanjut Bambang, ketinggian air diprediksi masih akan tetap atau malah bisa lebih tinggi, tergantung kondisi cuaca di kawasan Bogor Puncak dan sekitarnya. "Masih ada kemungkinan naik. Selain hujan, air di Bendung Katulampa juga terus kita pantau. Kondisi hujan lokal di Jakarta juga mempengaruhi naik turunya muka air di Manggarai," ucap Bambang.

Selain di Manggarai, tinggi muka air di beberapa pintu air juga meningkat seperti di  seperti di pintu air Karet yang saat ini berada pada ketinggian 450 cm dengan status siaga 3 dan pintu air Pasar Ikan dengan ketinggian 185 cm dilevel siaga III. "Namun beberapa pintu air kondisinya masih normal, seperti Cipinang Hulu 110 cm di level siaga 4, lalu di Sunter Hulu 60 statusnya siaga 4, Pulogadung 380 cm juga di level siaga 4," beber Bambang.

Sementara itu, kepala Pelaksana Bendungan Katulampa Andi Sudirman menuturkan, saat ini ketinggian muka air di Bendungan Katulampa kondisinya telah kembali normal setelah sebelumnya berada pada level Siaga III.

"Sekarang ketinggiannya sudah 50 cm, berada pada level sianga IV, yang berarti kondisinya berada pada posisi normal," papar Andi.

Menurut Andi, ketinggian air di Katulampa masih mungkin naik, tergantung dari kondisi cuaca di Bogor dan sekitarnya. "Kalau di sini hujan deras lagi, air akan naik. Tapi sekarang kondisinya gerimis, kita pantau terus," pungkas Andi. (Luq/Tnt)

Baca juga:

Waspada Ada Pohon Tumbang di Jalan Pramuka dan Pasar Rebo

Jabodetabek Hujan Selasa Dini Hari, Cek Titik Banjir Berikut

Hujan Turun, Perumahan Wisma Harapan Periuk Tangerang Banjir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini