Sukses

Dugaan Penyiksaan, 7 Anak Panti Asuhan Samuel Divisum

7 orang anak panti asuhan yang diduga dianiaya, pada hari Jumat lalu sudah lakukan visum et repertum.

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya melakukan visum terhadap 7 anak yang kabur dari Panti Asuhan Samuel di Komplek Micella, Sektor 6, Kabupaten Tangerang, Banten, karena diduga dianiaya pemilik panti. Mereka akan dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP).

"7 orang anak panti asuhan yang diduga dianiaya, pada hari Jumat lalu sudah lakukan visum et repertum. Pada hari ini Senin 24 Februari, 7 orang anak tersebut akan dilakukan pemeriksaan BAP di Remaja Anak dan Wanita (Renakta) Ditkrimum Polda Meto Jaya," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto melalui pesan tertulisnya, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Rikwanto menyatakan, polisi sempat kehilangan jejak panti saat melakukan pengecekan ke lokasi pada 21 Februari 2014. Hal ini karena panti asuhan ini sempat pindah.

Sebelumnya, panti asuhan bayi dan anak Samuel ini berada di Jalan Kelapa Gading Barat Blok AG 15 No 1 RT 12 /02 Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

"Namun setelah tiba di alamat tersebut ternyata sudah 2 minggu pindah ke alamat yang baru. Di Sektor 6 Blok GC 10 No 1 Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang," tandas Rikwanto.

Keterangan dugaan penyiksaan pertama kali disampaikan Kepala Divisi Non Litigasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mawar Saron, Jecky Tengens. Jecky mengaku mendapat informasi itu dari seorang anak yang berhasil lolos melarikan diri.

Pemilik dan pengelola Panti Asuhan Samuel, Pendeta Chemuel Watulingas menepis semua tudingan dari LBH Mawar Saron. Chemuel membantah adanya penyiksaan, apalagi mengakibatkan anak panti yang meninggal dunia.

"Penganiayaan dari mana? LBH Mawar Sharon pernah datang ke sini secara tiba-tiba. Mana buktinya? Kalau terbukti, saya, Pendeta Chemuel, siap dipenjara," jelas Pendeta Chemuel saat dihubungi Liputan6.com. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Warga Bersyukur Anak Panti Asuhan Samuel Diamankan KPAI
LBH Mawar Saron: Panti Asuhan Samuel Tak Punya Izin Resmi
Hotma Sitompoel: Ada Bayi Meninggal di Panti Asuhan Samuel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini