Sukses

[VIDEO] Lihat! Anak Gunung Kelud Berubah Menjadi Danau

Letusan Gunung Kelud 13 Februari lalu membuat Anak Gunung Kelud hilang dan berubah menjadi danau atau cekungan yang cukup lebar.

Dalam video amatir yang diambil seorang warga Sugihwaras, Kediri, Jawa Timur terlihat kerusakan infrastruktur wisata akibat Letusan Gunung Kelud. Jembatan, lampu-lampu dan gedung seluruhnya hancur. Material batu dan abu merusak segala yang ada di puncak Kelud termasuk tumbuh-tumbuhan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (24/2/2014), material vulkanik yang begitu banyak harus benar-benar diwaspadai, karena jika hujan turun akan menjadi lahar hujan.

Begitu tiba di puncak Kelud, Anak Gunung Kelud yang terbentuk akibat letusan tahun 2007 lalu sudah tidak tampak lagi. Kubah lava yang dulu berdiameter hampir 500 meter dengan ketinggian 800 meter menghilang. Sebagai gantinya, terlihat cekungan cukup dalam serupa danau yang mengeluarkan asap tebal.

Gunung Kelud meletus pada Kamis, 13 Februari 2014 malam, memuntahkan 100 hingga 200 juta meter kubik material dalam satu hari. Dampaknya abu vulkanik menghujani sejumlah daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, bahkan hingga ke Jawa Barat.

Sejak hari Kamis, 20 Februari 2014, status Gunung Kelud diturunkan dari Level Awas ke Siaga. Penurunan status ini karena aktivitas Gunung Kelud mulai menurun. Sejumlah pengungsi pun sudah diperbolehkan kembali ke rumahnya masing-masing. (Nfs/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Siswa Korban Letusan Kelud Mulai Bersekolah
Sultan: Ribuan Kantung Abu Vulkanik Kelud Diberikan ke Petani
Butuh Rp 25,95 Miliar untuk Perbaiki Rumah Korban Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini