Sukses

Sumatera Dikepung 82 Titik Api

Cuaca Riau saat ini terpantau cerah berawan diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Satelit Aqua and Terra masih mendeteksi kebakaran hutan dan lahan di Sumatera. Sebanyak 82 titik terpantau 'membara' tersebar di sejumlah provinsi hari ini. Titik paling banyak, yakni 62 berada di Provinsi Riau.

Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Bibin Sulianto menyatakan, jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. "Titik api hari ini turun drastis. Namun, tetap saja menimbulkan kabut asap," ucap Bibin di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/2/2014).

Dia menuturkan, titip api di Riau tersebar di 5 kabupaten/kota. 46 Titik api tersebar di Kabupaten Bengkalis, 6 titik di Kota Dumai, 8 titik di Kepulauan Meranti, 3 titik di Indragiri Hilir dan 1 titik di Siak," papar Bibin.

Dia mengatakan, cuaca Riau saat ini terpantau cerah berawan diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Namun jarang pandang hingga kini masih normal.

Bibin memprediksi, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang bakal terjadi di Kabupaten Rohul, Kampar, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu. "Sedangkan kabupaten yang ada titik api, masih berawan. Sehingga, api masih tetap akan ada karena hujan turun di wilayah yang tidak ada titik api," ucap Bibin.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru sebelumnya mendeteksi, ada 450 titik api di Sumatera. Dari jumlah itu 402 titik di antaranya tersebar di Riau. (Ndy/Ism)

Baca juga:
[VIDEO] Kabut Asap Riau Kian Meluas Hingga Sumatera Utara
7 Gajah di Riau Mati, Diduga Diracuni
Satelit Terra dan Aqua Pantau 450 Titik Api di Sumatera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.