Sukses

Malang Banjir, Akses ke Pengungsi Kelud Terendam

Akibat gerusan Sungai Konto, jalur Malang menuju kota-Kediri, Jawa Timur dengan lebar 6 meter itu kini hanya tersisa tak lebih dari 3 meter.

Banjir juga menerjang Kota Malang, Jawa Timur. Sebanyak 2 titik jalan di kawasan Pujon, Malang pun tergerus luapan Sungai Konto. Akibat gerusan Sungai Konto, jalur Malang menuju kota-Kediri, Jawa Timur dengan lebar 6 meter itu kini hanya tersisa tak lebih dari 3 meter.

Hal ini juga berimbas pada kemacetan yang terjadi di jalan sepanjang 15 meter itu. Antrean kendaraan di jalur yang menghubungkan ke lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Kelud di Ngantang, Malang tersebut mencapai 5 kilometer.

"Penggerusan jalan terparah di titik KM Batu-Pujon 78 kawasan Kedungrejo. Kita berlakukan pola buka-tutup," kata Kasat Lantas Polres Batu, AKP I Guste Made Marta di Malang, Jawa Timur, Minggu (23/2/2014).

Sistem buka tutup, lanjut dia, dilakukan karena banyak kepentingan yang akan menyalurkan logistik ke lokasi penampungan korban Kelud di Ngantang. Sementara untuk wisatawan lokal, diimbau untuk tak memaksa melewati kawasan tersebut.

"Kalau wisatawan lokal lebih baik tak melintasi jalan ini. Apalagi kalau mendung dan turun hujan, bisa berbahaya," papar Made.

Jalan itu sebelumnya juga pernah jebol digerus banjir bandang pada 31 Januari 2014 silam. Saat itu, badan jalan ambrol separuhnya. Meski begitu, kendaraan kecil dan besar masih bisa melintas dengan pola buka tutup. (Ndy/Ism)

Baca juga:
Tinggalkan Pengungsian, 78.256 Korban Kelud Kembali ke Rumah
Dampak Letusan Gunung Kelud, 18 TPS di Malang Terancam Dipindah
Bersih dari Abu Kelud, Keraton Yogyakarta Diserbu Pengunjung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

  • Banjir merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (17/10/2022).

    Banjir Malang

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir