Sukses

Satelit Terra dan Aqua Pantau 450 Titik Api di Sumatera

Paling banyak di Riau, yaitu 402 titik. Kabut asap memperpendek jarak pandang.

Badan Mateorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) stasiun Pekanbaru mendeteksi 402 titik api atau hotspot di Riau. Jumlah ini meningkat tajam dari hari sebelumnya, yaitu 169 titik api.

"Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua, siang ini terpantau 450 titik api di Pulau Sumatera. Paling banyak di Riau, yaitu 402 titik," kata Analis BMKG Pekanbaru Ahmad Agus Widodo, Sabtu (22/2/2014), di Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

Hingga sore nanti, sebut Agus, potensi hujan di Riau masih minim. Cuaca di Riau pada umumnya masih berawan dan selubungi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Tadi pagi, sempat terpantau curah hujan di sejumlah wilayah tapi tidak lama. Dengan curah hujan yang minim, potensi titik api di Riau kian bertambah," ucap Agus.

Menurut Agus, kondisi cuaca seperti itu akan berlangsung menjelang pertengahan Maret 2014. "Perkiraan sementara, Riau masih dilanda kemarau sampai bulan segitu," ucapnya.

Dari 402 titik, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah paling banyak terdapat titik api yaitu 176. Kemudian menyusul Kabupaten Siak 82 titik, Kabupaten Pelalawan 51 titik, Kepulauan Meranti 39 titik, Indragiri Hilir 20 titik,  Rokan Hilir 4 titik dan Indragiri Hulu 2 titik.

Diterangkan Agus, 402 titik api menyebabkan kabut asap di Riau. Jarak pandang paling dekat terjadi di Kota Dumai dan Pelalawan. "Di sana jarak pandanganya berkisar 1 kilometer," katanya.

Sementara di Pekanbaru dan wilayah lainnya memiliki jarak pandang 2 sampai 4 kilometer. "Jarak pandang bisa berkurang kalau kabut asap masih terjadi," pungkas Agus.

Meski diselubungi asap, jadwal penerbangan di Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II masih berjalan normal. Meski ada delay, tapi itu tidak berlangsung lama.

"Masih normal dengan jarak pandang 1.5 kilometer di lintasan bandara. Itu tidak menyebabkan masalah bagi penerbangan," jelas Hasnan selaku Air Duty Manager Bandara SSK II. (Ein)

Baca Juga:

[VIDEO] TK dan SD di Pekanbaru Masih Diliburkan Akibat Kabut Asap

[VIDEO] Asap Riau Meluas, Penerbangan Kuala Namu Medan Tertunda
[VIDEO] Asap Tebal Riau Meluas Hingga Sumatera Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.