Sukses

Risma Tampik Pertemuannya dengan Priyo Sebagai Lobi Politik

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi Gedung DPR, Senayan, Jakarta, menemui Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi Gedung DPR, Senayan, Jakarta, menemui Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso. Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung 1 jam tersebut, Risma 'curhat' terkait pengangkatan wakilnya, Wisnu Sakti Buana yang dianggap tak transparan.

"Apa itu lobi-lobi potik, saya ndak ngerti yang begituan. Saya ndak ngerti apa itu dukungan politik. Saya dapat undangan saya datang," kata Risma di ruang kerja Priyo, Kamis (20/2/2014).

Risma mengaku hanya ingin menyampaikan unek-uneknya saja terkait proses pengangakatn wakilnya tersebut. Sebab, pengangkatan Wisnu tidak prosedural karena masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Surabaya.

"Tujuannya saya menyampaikan, saya bisa klarifikasi kepada Pak Wakil Ketua (Priyo) ini untuk proses pemilihan wakil itu. Saya datang ke sini secara formal, di luar itu ndak ada," jelas Risma.

Ia menegaskan, siap mundur atau dicopot sekalipuan dari jabatannya sebelum waktunya. "Saya rasa jabatan ini hanya titipan. Kalaupun Tuhan mencabut saya, saya siap sore ini besok ataupun kapan," tandas Risma.

Saat Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2010 silam, Risma maju dengan pendamping Bambang DH dan memenangkannya. Namun, saat Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Bambang DH menungudurkan diri sebagai Wakil Walikota Surabaya karena maju dalam Pilgub tersebut.

Wisnu yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua DPRD Surabaya menggantikan posisi Bambang Dwi Hartono yang mundur ketika maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2013. Wisnu dipilih dalam forum paripurna anggota DPRD Surabaya yang sempat alot karena tarik ulur kepentingan politik di internal DPRD Surabaya, November 2013 lalu.

Wisnu merupakan Ketua DPC PDIP Surabaya yang sempat mendukung pelengseran Risma dari kursi Walikota.

Setelah pelantikan Wisnu, Risma sempat tak menunjukkan batang hidungnya di Pemkot Surabaya. Kabar perseteruan antara Risma dan Wisnu pun semakin kuat. Bahkan, ada tudingan Wisnu dipersiapkan untuk menggeser posisi Risma. (Mut/Ein)

Baca juga:

Walikota Risma Curhat ke Wakil Ketua DPR, PDIP Tak Risau

Walikota Risma: Apa Saya Bisa Masuk Surga?

Penasaran, Jokowi Telepon Walikota Risma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.