Sukses

Status Kelud Turun Jadi `Siaga`, Pengungsi Dipulangkan

Pemulangan pengungsi di sejumlah titik dilakukan bertahap setelah status Gunung Kelud diturunkan dari Awas menjadi Siaga.

Sedikitnya 320 pengungsi di pos pengungsian Koperasi Sae Pujon, Malang, Jawa Timur mulai dipulangkan menuju desa masing-masing. Pemulangan pengungsi di sejumlah titik dilakukan bertahap setelah status Gunung Kelud diturunkan dari Awas menjadi Siaga.

"Pemulangan pengungsi ini setelah status Kelud turun menjadi Siaga. Kita siapkan 2 alternatif untuk pemulangan ini," kata Komandan Kompi 512 Infanteri Kapten Jon Young Saragi di Malang, Jawa Timur, Kamis (20/2/2014).

Menurutnya, alternatif pertama adalah warga yang rumahnya masih utuh maka dikirim langsung ke rumah masing-masing. Alternatif kedua, bagi warga yang rumahnya rusak berat maka ditempatkan ke penampungan sementara di Selorejo.

"Sekarang kami akan mengantarkan warga ke desa masing-masing. Ada yang di Pandansari, Ngadirejo, Ngantru, dan sebagainya," ucap Jon Young Saragi.

Di Koperasi Sae Pujon, 10 truk TNI didampingi unit kepolisian dan ambulans tim kesehatan menghantarkan warga. Di sejumlah titik lokasi pengungsian lainnya, warga pengungsi juga mulai dipulangkan.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI Surono mengatakan, penurunan status dilakukan setelah terus terjadi penurunan aktivitas di Gunung Kelud. Tanda-tanda gempa vulkanik dan tremor yang mengarah ke letusan sudah tidak ada lagi.

"Yang menentukan status siaga adalah Gunung Kelud sendiri. Dia telah menentukan haknya sendiri," ujar Surono di Surabaya, Jawa Timur, Kamis 20 Februari 2014. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Pembersihan Abu Rampung, Bandara Adi Soemarmo Kembali Beroperasi
[VIDEO] Aktivitas Gunung Kelud Telah Menurun
[VIDEO] Dua Sosok Mayat Korban Letusan Gunung Kelud Ditemukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

Video Terkini