Sukses

Status Gunung Kelud Turun Menjadi Siaga

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI, dr Surono mengatakan tanda gempa vulkanik dan tremor yang mengarah ke letusan sudah tidak ada lagi

Setelah sepekan belakangan ini Gunung Kelud mengeluarkan semburan abu vulkanik, kini status gunung yang berada di Kediri, Jawa Timur itu akhirnya resmi diturunkan dari status awas ke siaga. Penetapan ini diumumkan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI, Surono, mengatakan bahwa penurunan status dilakukan setelah terus terjadi penurunan aktifitas di Gunung Kelud. Tanda-tanda gempa vulkanik dan tremor yang mengarah ke letusan sudah tidak ada lagi.

"Yang menentukan status siaga adalah Gunung Kelud sendiri. Dia telah menentukan haknya sendiri," ujar Surono di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/2/2014).

Pengumuman status Gunung Kelud ini dilakukan bersama oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Syamsul Maarif, Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono, dan Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Asmai.

Penanggung jawab Gunung Api Jawa Timur, Jawa Tengah, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Umar Rosadi yang dihubungi via telepon membenarkan kondisi Gunung Kelud semakin stabil dan cenderung menurun.

Umar yang berada di Pos Pantau Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Kelud di Dusun Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, mengatakan gempa tremor memang masih terjadi, namun intensitasnya terus menurun.

"Cuaca di puncak Kelud juga terpantau cerah dengan suhu udara 22 derajat dengan kelembapan udara 79%. Di puncak gunung juga masih terlihat asap pusih tebal dengan ketinggian 300 meter condong ke timur laut," pungkasnya. (Adm/Yus)

Baca Juga:
[VIDEO] Hingga Rabu Malam, Status Awas Gunung Kelud Belum Dicabut
VIDEO] 103 Meter Kubik Material Vulkanik Kelud Jadi Lahar Hujan
[VIDEO] Diterjang Lahar Hujan Kelud, Waduk Siman Kediri Jebol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

Video Terkini