Sukses

Cerita Jokowi Berkemah Sabtu-Minggu

Selain suka berkemah dalam kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), Jokowi juga mengaku menyukai kegiatan mencari jejak.

Walau menghabiskan masa kecilnya di desa kecil, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tetap aktif mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler di sekolahnya. Salah satu kegiatan yang ia ikuti adalah Pramuka. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku sejak kecil dirinya cukup aktif dalam kegiatan Pramuka.

"Ya dulu saya ikut, saya paling suka itu ikut perkemahan Sabtu-Minggu. Berkemah itu, melatih kemandirian sejak kecil," ujar Jokowi saat melantik pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu, (19/2/2014).

Selain suka berkemah dalam kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), Jokowi juga mengaku menyukai kegiatan mencari jejak. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan oleh para anggota Pramuka ditingkatan Siaga dan Penggalang. Bagi Jokowi, mencari jejak melatih para anggota Pramuka untuk kompak dan menumbuhkan rasa kesetiakawanan.

"Apanya yang ndak seneng, Pramuka itu senang semua. Saya itu juga suka mencari jejak, saya tahu semua. Kemah Sabtu-Minggu ngerti semua. Itu yang dilakukan Keseharian kita pramuka emang seperti itu. Melatih kegotongroyongan, ini yang harus dipertahankan," kata Jokowi.

Dalam acara pelantikan tersebut, Jokowi yang mengenakan baju Pramuka lengkap dengan atributnya berpesan agar para pengurus yang baru dilantik, untuk menyusun program kerja yang sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta. "Selain juga dengan kepentingan masyarakat luas dan ormas baik yang ada di tingkat regional, nasioal maupun internasional," kata Jokowi.

Mantan Walikota Surakarta ini juga meminta agar mereka menyusun program kerja yang sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta. Selain juga dengan kepentingan masyarakat luas dan ormas baik yang ada di tingkat regional, nasioal maupun internasional.

Acara pelantikan pengurus Kwarda DKI Jakarta sendiri berlangsung meriah, sebanyak 10 ribu anggota Pramuka dari 6 wilayah di Jakarta ikut turut serta dalam acara tersebut. "Unjuk keterampilan kepramukaan dari berbagai seni budaya, termasuk Betawi, kultur asli tuan rumah. Prinsipnya Pramuka juga memiliki keahlian di berbagai bidang dan siap bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta," ujar ketua Panitia Acara, Happy Agustin. (Tya/Riz)

Baca juga:

Soal Monorel, Jokowi dan Ahok Berseberangan
Jokowi Lantik Mantan None Jakarta Jadi Kepala Pramuka Jakarta
Penasaran, Jokowi Telepon Walikota Risma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.