Sukses

[VIDEO] Banjir Lahar Dingin Terjang Dam Gladak Blitar

Selain ke wilayah utara, lahar dingin juga menerjang wilayah selatan Gunung Kelud melewati Dam Gladak dan mengarah ke Gladak, Blitar, Jatim.

Hujan dengan intensitas tinggi selama 2 jam mengakibatkan terjadinya banjir lahar dingin akibat letusan Gunung Kelud. Lahar dingin ini mengalir dengan deras dan menerjang waduk atau dam yang berada di Desa Gladak, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (19/2/2014), Guguran material vulkanik yang terbawa arus banjir ini mengalir ke 9 sungai yang berhulu di Gunung Kelud. Salah satunya adalah Dam Gladak.

Lahar dingin di Dam Gladak ini nantinya akan mengalir ke sejumlah wilayah di Blitar. Di antaranya Jatilengger, Udanawu dan Langon.

Kawasan Dam Gladak ini merupakan jalur alternatif yang menghubungkan wilayah Kediri dan Blitar. Namun karena jalan diterjang banjir lahar dingin, jalur alternatif tidak bisa digunakan.

Meskipun aliran lahar dingin di tempat ini cukup deras, namun masih ada beberapa mobil yang nekat menerobos banjir lahar dingin ini. (Nfs/Mut)

Baca juga:

[VIDEO] Kampung Ini Rusak Parah Akibat Letusan Gunung Kelud
[VIDEO] Banjir Lahar Dingin Rusak Sawah dan Rumah Warga
Letusan Gunung Kelud Rusak Pipa Air Bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini