Sukses

Tak Diberi Kursi, Wanita Hamil Duduk di Lantai Kereta

Wanita yang tengah hamil 5 bulan itu terpaksa duduk di lantai kereta karena tak satu pun penumpang memberinya kursi.

Sungguh malang nasib Victoria Poskit. Wanita yang tengah hamil 5 bulan itu terpaksa duduk di lantai kereta karena tak satu pun penumpang kereta itu memberi kursi kepadanya. Keadaan diperburuk karena saat itu Victoria juga sedang dalam keadaan sakit.

Seperti dikutip Liputan6.com dari Dailymail, Selasa (18/2/2014), wanita berusia 40 tahun itu pun kemudian menceritakan apa yang dia alami kepada manajer perusahaan kereta yang ditumpanginya, South West Trains. Victoria meminta pihak perusahaan agar mengizinkannya untuk duduk di gerbong kelas satu kereta tujuan Surbiton-Waterloo di Kota London, Inggris itu.

"Saya tidak tahu lagi harus berbuat apa. Mereka tetap tidak mengizinkan meski saya telah memohon," ujar wanita yang bekerja sebagai kepala bidang komunikasi di serikat pengajar London, Inggris.

Namun permintaan Victoria ditolak karena perusahaan South West Trains hanya memberikan akses bagi wanita hamil untuk duduk di gerbong kelas 1 jika memiliki tiket musiman. Pihak perusahaan menegaskan kepada Victoria, peraturan tersebut tak dapat diubah.

"Saya pikir South West Train akan membuat pengecualian, terlebih setelah saya menceritakan apa yang terjadi. Tetapi, meski saya sudah berbicara dengan manajer perusahaan, mereka tetap bilang 'tidak'. Mereka bilang 'peraturan ya peraturan'," beber Victoria.

Menanggapi kejadian yang menimpa salah satu penumpangnya, juru bicara South West Train mengatakan, pihaknya turut menyesal atas apa yang dialami Victoria. Dia juga mengaku sempat terkejut karena tak ada satu pun penumpang yang bersedia memberikan tempat duduk untuk Victoria.

"Seperti alat transportasi lainnya, menurut pengalaman kami seharusnya penumpang lain memberikan tempat duduk mereka kepada ibu hamil atau orang yang sudah lanjut usia. Kami meminta maaf. Jujur kami terkejut penumpang lain tidak memberikan kursi untuk Victoria," tutur juru bicara South West Train.

Selain meminta maaf kepada Victoria, pihak South West Trains  juga menawarkan alternatif tempat kepada Victoria yang jarang bepergian menggunakan kereta.

"Untuk penumpang yang jarang bepergian kami menyediakan layanan yang sama di London Underground -- kereta bawah tanah. Kami juga memberikan tanda pengenal kepada para wanita hamil agar mereka bisa mendapat tempat duduk. Kami telah menawarkan ini kepada Victoria," jelas juru bicara itu.

Perusahaan South West Trains dalam kurun 12 bulan terakhir telah mengeluarkan 575 tiket musiman bagi wanita hamil. "Kami memberikan layanan yang lebih baik dibandingkan perusahaan kereta api lainnya dalam hal mempermudah para penumpang kami yang sedang hamil. Dengan fasilitas ini, para wanita hamil dapat duduk di kursi kelas satu dengan menggunakan tiket mingguan, bulanan, atau tahunan South West Trains ketika kursi di kelas reguler tidak tersedia," juru bicara itu menjelaskan.

Seperti dilansir Dailymail, saat media mencoba untuk menanyakan kelanjutan kasus ini, Victoria tidak bersedia memberi komentar lebih lanjut. (Dji/Riz)

Baca juga:

Sinkhole di Halaman Hampir `Telan` Trampolin Bocah
200 Tentara Hamil Inggris Dipulangkan dari `Medan Perang`
Inggris Banjir Parah, Badan Meteorologi: Salahkan Indonesia!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini