Sukses

Gempa Saat Dentuman Misterius Gunung Merbabu Berkekuatan 2,7 SR

Hingga kini belum diketahui di mana sumber getaran itu. Namun dipastikan bukan dari aktivitas Gunung Merbabu.

Dentuman di sekitar Gunung Merbabu, tepatnya di Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah diikuti oleh gempa berkekuatan 2,7 skala Richter. Hingga kini belum diketahui di mana sumber getaran itu. Namun dipastikan bukan dari aktivitas Gunung Merbabu.

"Yang pasti itu gempa dengan kekuatan 2,7 skala Richter," kata Wakil Bupati Semarang Warnadi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/2/2014).

Pemerintah Kabupaten Semarang telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) setempat. Sejumlah kerusakan akibat gempa itu didata.

"Untuk bantuan, kita inventarisir persisnya apa kebutuhan masyarakat. Laporan terakhir, 7 rumah rusak berat," tutur Warnadi.

Dentuman misterius itu terjadi pada Senin 17 Februari kemarin, sekitar pukul 06.00 WIB pagi hari. Menurut warga, gempa yang terjadi cukup kuat hingga genting rumah warga jatuh dan tembok rumah rusak. Selain itu ada warga yang melihat cahaya seperti kilat di Gunung Merbabu.

Menurut Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana, hasil monitoring Gunung Merbabu masih aman. Sedangkan suara dentuman diduga bukan berkaitan dengan getaran, hanya saja berbunyi bersamaan. "Dentuman itu belum diketahui asalnya, mungkin suara lain tapi bersamaan dengan getaran," kata Sarwa.

Sementara menurut Kepala Pusat Badan Geologi Surono, fenomena tersebut merupakan gempa tektonik biasa. Gempa itu merupakan akibat meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. (Eks/Sss)

Baca juga:

Gempa, Gunung Merbabu Tetap `Tidur`
[VIDEO] Kaki Gunung Merbabu Gempa, Puluhan Rumah Rusak
BPDB Jateng: Dentuman Misterius Bukan dari Gunung Merbabu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gunung Merbabu

Video Terkini