Sukses

Bus Tingkat Wisata Bermasalah, Ahok: Konyol Beli Mobil Kayak Gitu

5 Bus tingkat pariwisata yang rencananya Maret mendatang akan beroperasi ternyata juga bermasalah. Ini penjelasan Ahok.

Jika beberapa waktu lalu 15 bus sedang yang baru dibeli Pemprov DKI ditemukan rusak dan karatan, kali ini 5 bus tingkat pariwisata yang rencananya Maret mendatang akan beroperasi ternyata juga bermasalah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyesalkan armada bus tingkat yang dibeli dari China itu tidak berstandar Internasional, seperti yang diinginkannya. Sebab yang memiliki lisensi dari Australia hanya karoseri atau badan busnya saja. Sedangkan, mesin bus tersebut berasal Cina dengan merek Wei Chai.

"Kan konyol beli mobil kayak gitu. Harusnya beli kayak di Solo merek Mercedez Benz, atau Singapura yang pesen Volvo atau Scania. Jelas," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (18/2/2014)

Ahok mengatakan, bus-bus tersebut juga masih harus melewati proses uji kelaikan di Ditjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan baru akan disertifikasi. Selain itu, juga masih perlu dilakukan uji KIR dan pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sehingga rencana pengoperasian bus untuk pariwisata itu mundur dari rencana awal, yaitu Januari lalu.

"Kenapa mesti beli mesin baru yang di Indonesia nggak punya, lalu mesti diuji coba di Dirjen Perhubungan Darat. Kalau mau beli mobil kan maunya sekali pakai," tukas Ahok. (Tnt/Yus)

Baca juga:

Meski Tak Punya Merek, Indonesia Jawara Bikin Bus

Siapkan BUMD Transjakarta, Ahok: Supaya Operator Tak Dikte Kita

Alasan Jokowi-Ahok Pilih Orang Perhutani di Direksi Transjakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • bus

Video Terkini