Sukses

Jokowi: Pembangunan Rusun Komarudin Terkendala Mendagri

Beberapa bangunan rusun telah diperbaiki, namun belum secara keseluruhan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum bisa melakukan renovasi Rusun Komarudin, Jakarta Timur. Lantaran, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI tahun 2014 yang telah disahkan DPRD DKI belum ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri.

"Kalau yang namanya memperbaiki itu perlu apa? perlu anggaran kan, anggarannya sudah keluar belum dari Kemendagri? Belum kan, ya berarti tidak bisa menggunakan anggaran," ujar Joko Widodo di Balaikota DKI Jakarta, Senin (17/2/2014).

Menurut pria yang kerap disapa Jokowi itu, Rusun Komarudin merupakan bangunan lama. Beberapa bangunan rusun telah diperbaiki, namun belum secara keseluruhan.

"Komarudin itu kan bangunan yang lalu, yang kita perbaiki ada 21. Ada yang sudah selesai ada yang belum karena kemarin mendesak ya masuk dulu, kayak kemarin di Marunda. Kita ini kejar-kejaran dengan dengan waktu," kata dia.

Jokowi juga menilai, pembangunan Rusun Komarudin terkendala masalah pembebasan lahan. "Kenapa rusun kita enggak siap? Karena membangun rusun itu perlu lahan. Lahan itu kalau cari di sekitar lokasi juga sudah sangat sulit, tapi kalau dipindahkan jauh, misalnya ke Marunda atau ke Cengkareng, mereka juga tidak mau. Problemnya ada di situ," ucap Jokowi.

Dia menambahkan, beberapa pembangunan rusun ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. "Kita akan terus berusaha, seperti di Jatinegara, kira-kira akhir tahun ini akan selesai. Dan akan kita tambah lagi, bangun terus bangun terus," kata Jokowi. (Mvi)

Baca juga:

Haji Lulung Sindir Jokowi-Ahok Atasi Banjir Jakarta
Naik Sepeda, Jokowi Pantau Pemukiman Liar di Kanal Banjir Barat
[VIDEO] Sterilisasi Kali Sentiong, Ratusan Bangunan Dibongkar


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.