Sukses

[VIDEO] Kaki Gunung Merbabu Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Gempa melanda Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Akibatnya puluhan rumah rusak di Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang

Gempa melanda Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Akibatnya puluhan rumah di Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, rusak yang berada di lereng Gunung Merbabu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (17/2/2014), 46 rumah dan 3 tempat ibadah di Desa Sumogawe, yang berada di lereng Gunung Merbabu mengalami retak pada tembok dan gentingnya runtuh.

Kerusakan rumah diakibatkan getaran gempa yang hanya berlangsung beberapa detik. Gempa yang terjadi membuat warga panik karena getaran gempa yang besar disertai dengan suara ledakan yang keras.

Warga mendengar suara ledakan yang bergemuruh berasal dari Gunung Merbabu yang berjarak sekitar 9 kilometer. Namun hanya warga sekitar Desa Sumogawe yang merasakan kekuatan getaran gempa dan kerusakan bangunan, karena wilayah Kota Salatiga yang hanya berjarak 4 kilometer tidak merasakan getaran gempa.

Warga hingga kini masih khawatir jika ada gempa susulan dan jika Gunung Merbabu yang lama tidak aktif ikut aktif seperti Gunung Kelud. (Dan/Ism)

Baca juga:

4 Alat Pencatat Gempa Rusak Akibat Letusan Gunung Kelud
Anak Krakatau `Berdehem` 1 Hembusan dari Kawah
1 Dari 4 Orang AS Yakin Matahari Bergerak Mengelilingi Bumi



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini