Sukses

Jokowi Akui PT Jakarta Monorail Belum Penuhi Syarat Pemprov DKI

Jokowi beralasan, terhambatnya proyek tersebut lantaran dirinya belum menandatangi perjanjian kerjasama.

Walau telah dicanangkan pembangunannya pada 16 Oktber 2013, hingga kini perkembangan pembangunan fisik proyek monorel Jakarta belum menunjukkan kemajuan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo beralasan, terhambatnya proyek itu lantaran dirinya belum menandatangi perjanjian kerja sama atau PKS.

"Sampai sekarang PKS-nya itu belum saya tandatangani. PKS itu apa? PKS itu kepanjangannya perjanjian kerja sama," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (17/2/2014).

Belum ditekennya perjanjian kerjasama itu, menurut Jokowi karena pihak PT Jakarta Monorail selaku pelaksana pembangunan proyek belum dapat memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan. Namun mantan Walikota Solo itu enggan menyebutkannya.

"Kenapa belum ditandatangani, karena kita minta syaratnya itu ketat banget. Ada 3 syarat, tapi saya enggak hafal yang belum. Kalau itu sudah diberikan pasti akan saya tandatangani. Kalau belum ya belum," kata Jokowi.

Walau masih terhambat masalah administrasi, menurut Jokowi pihak PT JM mengaku pembangunan fisik monorel sejak diluncurkan sejak Oktober lalu sampai saat ini tetap berjalan.

"Tapi tetap, mereka katakan ke kita ya tetap jalan. Testing tanahnya, persiapan-persiapan, misal gambar stasiun. Termasuk salah satunya soal pembayaran tiang," ujar Jokowi.

Jokowi tetap yakin pembangunan transportasi massal berbasis rel itu dapat selesai tepat waktu. Meski banyak pihak yang meragukan pembangunan proyek transportasi yang menghabiskan anggaran hingga Rp 15 Triliun, Jokowi yakin tidak akan molor.

"Saya tidak mau berbicara yang pesimis-pesimis, saya berbicara yang optimis-optimis," tegas Jokowi.

Wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama sebelumnya mengancam jika hingga waktu yang ditentukan pengerjaan monorel tidak juga berjalan, maka Pemprov DKI kemungkinan akan mencabut izin proyek itu.

"Aku sudah bilang masih ngasih kesempatan. Tapi Bu Sarwo Handayani (Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang) sudah buat surat. Kalau dia (PT JM dan Ortus) nggak mampu untuk lanjutin lagi, kita akan cabut izinnya. Bisa dibatalin," tegas pria yang biasa disapa Ahok itu. (Mut/Ism)

Baca juga:
PT Jakarta Monorail: Proyek Sudah Berjalan, Tunggu Saja
Monorel Mandek, Ahok: Kalau Loe Nggak Jalan, Gue Cut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • monorel

Video Terkini