Sukses

Protes `Sangkar Kaca` Morsi, Pengacara Ngambek Keluar Pengadilan

Pengacara Presiden Mesir yang digulingkan pemerintah, Mohammed Morsi dan rekan-rekannya ngambek.

Pengacara Presiden Mesir yang digulingkan pemerintah, Mohammed Morsi dan rekan-rekannya ngambek. Mereka serta-merta keluar dari ruangan sidang. Apa sebab?

Ternyata, seperti dilansir dari BBC yang mengutip siaran televisi pemerintah Mesir dan dimuat Liputan6.com, Senin (17/2/2014), para pengacara itu memprotes 'sangkar kaca' tempat Morsi berada saat persidangan digelar. Termasuk pada sidang yang digelar hari Minggu 16 Februari.

"Akibat aksi protes para pengacara itu, sidang pertama dalam kasus di mana Mohammed Morsi dan 35 pendukungnya menghadapi tuduhan bersekongkol dengan kelompok-kelompok asing dan dituduh merusak keamanan nasional reses --dihentikan untuk sementara," begitu kata Hakim Shaaban el-Shamy.

Hakim el-Shamy kemudian memerintahkan sidang ditunda sampai 23 Februari 2014, seperti dikutip oleh jaringan TV swasta CBC. Lalu hakim mengatakan kepada pengacara bahwa persidangan akan dilanjutkan tanpa mereka.

CBC juga melaporkan, pada awal persidangan itu, Morsi berteriak-teriak karena tidak bisa mendengar proses  pembacaan dakwaan. Itulah awal mula para pengacara pembela Morsi ngambek.

Atas protes itu, Hakim el-Shamy kemudian mengirim teknisi untuk memeriksa 'sangkar kaca' Morsi, yang diklaim kedap suara. el-Shamy lalu memerintahkan agar volume di 'sangkar kaca' itu dinaikkan, untuk memungkinkan Morsi mendengar jalannya persidangan.

Sudah diberikan solusi oleh hakim, para pengacara pembela tetap tidak puas dan justru berjalan keluar ruangan sidang.

'Sangkar kaca' itu mulai ditempati Morsi cs karena selalu mengganggu jalannya persidangan, dengan menginterupsi dan berteriak-teriak. 'Sangkar kaca' itu dilengkapi dengan kontrol suara oleh hakim, untuk memastikan apakah ia bisa mendengar atau tidak.

Morsi digulingkan oleh militer menyusul protes besar-besaran selama satu tahun berkuasa. Ia bersama-sama dengan para pemimpin Ikhwanul Muslimin kini menghadapi banyak tuduhan. Beberapa di antaranya terancam hukuman mati. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Militer Bantah Laporan Jenderal Pengguling Morsi Capres Mesir

Sidang Kasus Biang Rusuh, Morsi ke Pengadilan Naik Helikopter

Belum Kelar Disidang, Morsi Dituduh Lecehkan Peradilan Mesir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.