Sukses

Abu Kelud Dibersihkan, Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Selasa

Telah dilakukan pembersihan di area Bandara Adi Soemarmo Solo.

Hujan abu letusan Gunung Kelud melanda hingga Kota Solo pada hari Jumat 14 Februari, memaksa Bandara Adi Soemarmo Solo ditutup untuk penerbangan. Meski demikian, setelah dilakukan pembersihan di area bandara, diperkirakan hari Selasa 18 Februari sudah dibuka kembali untuk melayani penerbangan sejumlah maskapai.

General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman mengatakan pembukaan kembali bandara dilakukan karena proses pembersihan telah rampung. Untuk itu rencananya jadwal pembukaan bandara akan dilakukan Selasa besok pada pukul 10.00 WIB.

"Setelah ditutup sejak hari Jumat karena dampak hujan abu, besok bandara sudah dibuka kembali," kata Abdullah, Senin (17/02/2014).

Proses pembersihan hampir seluruh area bandara yang tertutup abu vulkanik Kelud, disebutkan dia, mengerahkan semua petugas serta dibantu oleh personel TNI AU dari Lanud Adi Soemarmo Solo.

"Semuanya tertutup abu. Di taxi way, run way hingga apron juga tertutup abu cukup parah," jelas dia.

Setelah tiga hari melakukan pembersihan di bandara, lanjutnya, hari ini pembersihan memasuki tahap finishing. Dengan begitu, diharapkan mulai besok bandara sudah bersih dari abu dan bisa dibuka kembali untuk melayani jadwal penerbangan maskapai.

"Ini sedang proses finishing pembersihan bandara dari abu vulkanik. Dalam proses pembersihan ini kita mengerahkan alat penyemprot air untuk menghilanglkan abu," tukas Abdullah. (Tnt/Ari)

Lihat juga:

Abu Kelud Dibersihkan, Jadwal Perjalanan Kereta Kembali Normal

Diprediksi Hujan Lebat, Warga Dihimbau Waspadai Lahar Dingin

[VIDEO] Ribuan Pasukan TNI Bersihkan Abu Vulkanik Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini