Sukses

[VIDEO] Dirjen Lapas Selidiki Penyebab Kerusuhan di Lhokseumawe

Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM akan menyelidiki penyebab serta pelaku kerusuhan dan pembakaran Lapas Lhokseumawe, Aceh.

Pascakerusuhan dan pembakaran Sabtu 15 Februari malam lalu, situasi di lembaga permasyarakatan kelas IIA Lhokseumawe, Aceh sudah terkendali. Kini penyelidikan atas kerusuhan tengah disiapkan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (17/2/2014), keterangan yang berhasil dihimpun Ditjen Lapas menyebutkan, kerusuhan yang berlanjut dengan pembakaran lapas kelas II Lhokseumawe berawal dari seorang napi yang mengeluh sakit.

Pemeriksaan medis menyebutkan napi itu menderita penyakit lambung dan dirujuk ke rumah sakit. Namun saat dipindah ia minta diantar berziarah ke kuburan orangtuanya. Lantaran meronta para napi lain terprovokasi sehingga kerusuhan terjadi.

Untuk mengusut kasus ini, Ditjen Permasyarakatan akan segera menerjunkan tim untuk menyelidiki kerusuhan yang berujung pada pembakaran lapas.

Dalam kerusuhan ini, dilaporkan tidak ada napi yang kabur. Lapas kelas II Lhokseumawe tercatat menampung 389 warga binaan baik napi maupun tahanan. Jumlah jelas melampaui kapasitas lapas sebanyak 158 orang. (Nfs/Mut)

Baca juga:

Tak Ada Tahanan Kabur Pasca Kerusuan di Lapas Lhokseumawe
Pascakerusuhan, Listrik di Lapas Lhokseumawe Telah Menyala
[VIDEO] Akibat Salah Paham, Polisi di Tangerang Saling Tembak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini