Sukses

Dihantam Material Kelud, Ratusan Rumah di Kebonrejo Rusak

Umumnya rumah rusak di bagian atap karena tak kuat menahan hantaman material Gunung Kelud. Bahkan, ada juga rumah terbakar karena batu panas

Ribuan warga di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Kediri, Jawa Timur harus merelakan rumahnya rusak akibat hantaman material Gunung Kelud. Tak hanya rumah dengan bangunan semi permanen, bangunan permanen juga tak luput dari kerusakan. Bahkan, 1 rumah sempat terbakar akibat dihantam batu panas.

"Rumah banyak yang rusak. Ada yang roboh. Kemaren pas kejadian malah ada yang terbakar. Habis rumah itu. Kan pemadam kebakarannya lama datangnya," kata salah seorang warga, Marjito, Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2/2014).

Marjito menjelaskan, umumnya kerusakan rumah ada di bagian atap. Bahkan ada juga genteng berlubang karena dihantam batu Kelud sebesar kepalan tangan. Belum lagi roboh akibat tak kuasa menahan tebalnya abu vulkanik.

"Batunya gede-gede. Bukan k3rikil itu. Batu segede kepel tangan. Makannya atap pada bolong. Di dalam sana malah ada yang roboh," lanjutnya.

Kini, rumah itu ditinggalkan pemiliknya. Mereka lebih memilih mengungsi di posko Balaidesa Siman, Kecamatan Kepun, Kediri. Hanya laki-laki yang diperbolehkan pulang. Itu pun harus kembali ke pengungsian saat malam tiba. (Rmn/Yus)

Baca juga:

Kunjungi Pengungsi Kelud, SBY Sapa Penumpang KA di Solo
PLN Masih Padamkan 25.103 Pelanggan di Jawa Timur
300 Rumah Rusak Terdampak Kelud di Kabupaten Malang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini