Sukses

Abu Setebal 40 Cm di Desa Kebonrejo Belum Tersentuh Petugas

Abu vulkanik bertumpuk tebal di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Kediri, Jawa Timur mencapai ketebalan 10 hingga 40 centimeter.

Erupsi Gunung Kelud mengakibatkan abu vulkanik bertumpuk tebal di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Kediri, Jawa Timur. Tak seperti di Sugih Waras, desa ini bak terlupakan. Padahal, abu yang menumpuk tak kalah tebal.

Salah seorang warga, Parminto mengatakan, ketebalan abu vulkanik di desanya mencapai 40 centimeter. Sementara abu yang menutupi jalan bisa sampai 10 centimeter. "Abunya parah di sini. Jalan saja susah," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com, Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2/2014).

Parminto menjelaskan, abu di jalan desa yang berjarak 7 kilometer dari Gunung Kelud sangat mengkhawatirkan. Pembersihan abu hanya dilakukan warga dengan alat seadanya.

"Ini kan debunya tebal. Kita bersihkan pakai cangkul saja pelan-pelan. Ini ada hujan jadi lebih enak. Kalau nggak licin banget," lanjutnya.

Sejak abu menyelimuti desanya, lanjut Parminto, belum ada bantuan pembersihan dari petugas baik dari anggota TNI maupun Polri. Padahal, bantuan itu sangat ditunggu warga terutama untuk membuka akses jalan.

"Belum ada sampai sekarang. TNI atau Polisi juga nggak kelihatan," tandas Parminto. (Rmn)

Baca juga:

Gunung Kelud Kepulkan Asap Putih, Status Masih Awas
[VIDEO] Akibat Letusan Kelud, Dusun di Malang Bak Kota Mati
[VIDEO] TNI Bersih-bersih Jalur Evakuasi Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.