Sukses

Gunung Kelud Kembali Punya Kawah

Akibat letusan tahun 2007, terbentuk kubah lava. Kawah Gunung Kelud tertutup material vulkanik.

Gunung Kelud kini memiliki kawah lagi. Sebab, kubah lava yang terbentuk akibat letusan pada tahun 2007 sudah hilang akibat letusan yang terjadi pada Kamis 13 Februari yang lalu.

"Kubah lava hilang sekarang, diameter lubang letusan 400 meter," kata Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Gede Swastika dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kediri, Sabtu (15/02/2014).

Letusan Gunung Kelud pada 2007 bersifat efusif (letusan yang tidak menimbulkan ledakan). Kawah di Gunung Kelud tertutup oleh material vulkanik. Diduga material itu merupakan sisa letusan tahun 1990 silam.

Namun kini kubah lava itu sudah terlontar akibat letusan pada Kamis 13 Februari yang lalu. Ratusan juta meter kubik terlontar ke udara dalam letusan itu.

Debu vulkanik letusan Gunung Kelud menyebar ke berbagai wilayah. Abu vulkanik Gunung Kelud mencapai Ampenan di Nusa Tenggara Barat dan bgandung di Jawa Barat. (Eks)

Baca juga:
Letusan Gunung Kelud Sisakan 6 Rumah, Pandansari Bak `Desa` Mati
Tebal Abu Gunung Kelud di Ngantang Capai 50 Centimeter
Perjalanan Kereta Terganggu Debu Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini