Sukses

Bandara Ahmad Yani Semarang Dibuka, Hanya Melayani Rute Tertentu

Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah akhirnya kembali dibuka mulai Sabtu siang setelah ditutup selama 20 jam

Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah akhirnya kembali dibuka mulai Sabtu siang setelah ditutup selama 20 jam, sejak Jumat 14 Februari karena hujan abu vulkanik letusan Gunung Kelud.

"Sebenarnya pembukaan bandara sudah dilakukan sejak Sabtu pagi. Namun hingga Sabtu petang ini, penerbangan belum normal dan hanya melayani rute tertentu," kata General Affair and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Anom Fitranggono di Semarang, Sabtu (15/2/2014).

"Selama penutupan itu, ada sekitar 76 penerbangan ke berbagai daerah tujuan dibatalkan. Sekarang jadwal penerbangan sejumlah maskapai belum sepenuhnya normal," imbuh Anom.

Meski demikian, jadwal penerbangan Lion Air dan Citilink dari dan menuju Bandara Semarang belum dibuka. Kedua maskapai penerbangan itu baru kembali beroperasi hari Minggu 16 Februari besok.

Selain itu, penerbangan ke arah timur dari Semarang juga belum bisa dioperasikan. Sebab dikhawatirkan masih adanya abu vulkanik Kelud yang berbahaya bagi penerbangan.

"Utamanya karena bandara tujuan belum dibuka," tandas Anom.

Gunung Kelud mulai meletus pada Kamis 13 Februari malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kemudian disusul hujan batu ke Pare, Kediri. Hingga saat ini, dilaporkan secara resmi, ada 3 korban tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi. (Riz/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Penerbangan ke Jawa Masih Ditutup, Kereta Diserbu
7 Bandara Masih Ditutup, Abu Kelud Mengarah ke Barat Sumatera
Bandara Adi Sumarmo Solo Mulai Dibersihkan dari Abu Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.