Sukses

Kurang Tenaga Pengajar, 296 Prajurit TNI Jadi Guru di Papua

Sebanyak 296 prajurit TNI Kodam XVII/Cenderawasih menerima sertifikat mengajar dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga (Dikpora) Papua.

Sebanyak 296 prajurit TNI Kodam XVII/Cenderawasih menerima sertifikat mengajar dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga (Dikpora) Papua.

Sertifikat diberikan karena ratusan prajurit ini telah melewati pelatihan selama 3 pekan dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Cenderawasih. Mereka akan bertugas sebagai guru untuk membantu kekurangan tenaga guru di Papua.

Kepala Bidang Mutu Pendidikan Dikpora Papua Marthen Puisi mengatakan, para prajurit akan membantu proses belajar mengajar, khususnya di pedalaman Papua.

"Provinsi Papua sangat terbantu dengan para prajurit ini yang secara sukarela menjadi guru. Semoga dengan bantuan para prajurit tersebut, Indeks Pembangunan Manusia dapat meningkat," kata Marthen usai penyerahan sertifikat pengajar kepada ratusan prajurit di Lapangan Resimen Induk Daerah Militer XVII/Cenderawasih, Sabtu (15/2/2014).

Dia menjelaskan, kekurangan tenaga guru hampir terjadi di 29 kabupaten/kota di Papua. Hal itu lantaran sejumlah guru hengkang dari tempatnya bertugas lantaran minimnya fasilitas.

"Biasanya para pengajar di pedalaman meninggalkan tempat tugasnya karena sarana transportasi yang terbatas dan minim fasilitas pendukung, di antaranya perumahan guru dan fasilitas lainnya," ujar Marthen.

Panglima Kodam Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua mengatakan, selain dibekali ilmu mengajar, prajurit TNI juga bakal diberikan pengetahuan atau keahlian lain, seperti bidang kesehatan, pertanian, dan perkebunan.

"Selain tenaga guru ini, kami juga akan mengerahkan sejumlah prajurit untuk ditempatkan pada bidang kesehatan, pertanian, perkebunan, perikanan dan keagamaan," ujar Christian. (Riz/Sss)

Baca juga:

Abu Kelud Masih Terpapar, Seluruh Sekolah Semarang Diliburkan
Sejarah Usman Harun Tak Ada di Buku Pelajaran Sekolah
Calistung Syarat Masuk SD, Mendikbud: Tidak Dibenarkan Itu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • guru

  • Papua