Sukses

Masih Banyak Sekolah yang Belum Isi Data SNMPTN

Ketua panitia penyelenggara SNMPTN Ganjar Kurnia mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan sekolah belum mengisi data.

Agar siswa tingkat akhir sekolah menengah dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tepatnya Perguruan Tinggi (PT), mereka tentu harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Salah satu seleksi yang sudah ada di depan mata adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang pendaftarannya akan dibuka pada 17 Februari-31 Maret 2014 mendatang.

Tentunya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah-sekolah agar para siswanya dapat mengikuti SNMPTN. Yakni sekolah harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data sekolah dan para siswanya ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Namun masih banyak sekolah yang belum mengisi data sebagai persyaratan SNPMTN tersebut.

Berdasarkan data yang dimiliki panitia penyelenggara SNMPTN, sudah ada sekitar 14 ribu sekolah di seluruh Indonesia yang telah terdaftar. Namun, baru 11.836 sekolah yang mengisikan data sekolah dan prestasi para siswa (nilai rapor) ke PDSS. Data tersebut menunjukkan masih ada 1.778 sekolah yang belum mengisi data ke PDSS.

Ketua panitia penyelenggara SNMPTN Ganjar Kurnia mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan sekolah-sekolah tersebut belum juga mengisi data sekolah dan prestasi siswa ke PDSS.

"Ada sekolah yang merasa kemampuan siswanya rendah, sehingga mereka memilih tidak mengisi PDSS. Mereka menganggap hal itu hanya akan buang waktu," jelas Ganjar di Pecenongan, Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Ganjar berharap agar pihak sekolah tak pesimis. Sebab, tak menutup kemungkinan ada siswa yang memiliki kemampuan atau potensi yang besar dan belum diperhatikan sekolah. Jadi tak ada salahnya bila sekolah itu mengikutsertakan siswanya di SNMPTN.

"Mungkin ada juga yang nunggu sampe akhir-akhir baru ngisi. Biasalah," tambah orang nomor satu di Universitas Padjajaran itu.

Untuk mengatasi masih banyaknya sekolah yang belum ikut serta, pihak panitia penyelenggara SNMPTN akan terus mengingatkan sekolah tersebut untuk mengisikan data ke PDSS.

"Kami sekarang masih berusaha mengejar sekolah yang sudah terdaftar SNMPTN tapi belum mengisi PDSS. Kami juga akan membuat daftarnya untuk mempermudah pihak sekolah," tutur Ganjar.

Pengisian Data Sekolah dan Siswa akan terus dibuka hingga 6 Maret 2014. Pengisian data tersebut, termasuk data prestasi siswa, akan dilakukan oleh masing-masing kepala sekolah. (Riz/Sss)

Baca juga:

Mendikbud Jamin Biaya Kuliah Lebih Murah
UI Bakal Terima 2.351 Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN
Pengumuman SNMPTN Via Online, SMA 13 Jakarta Sepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    SNMPTN

  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PT
    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PT

    SBMPTN

Video Terkini