Sukses

Abu Kelud Masih Terpapar, Seluruh Sekolah Semarang Diliburkan

Kadisdik Semarang Bunyamin mengatakan, libur sekolah berlaku untuk seluruh siswa SD hingga SMA/SMK sederajat.

Aktivitas di seluruh sekolah Semarang, Sabtu ini diliburkan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat abu vulkanik gunung Kelud yang menyelimuti sebagian besar wiayah tersebut.

Pengumuman libur itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota (Kadisdik) Semarang Bunyamin. Dia mengatakan, libur sekolah berlaku untuk seluruh siswa SD hingga SMA/SMK sederajat.

"Kemarin sore masih ada abu, tapi sudah kena hujan. Semoga Senin sudah normal dan siswa bisa masuk sekolah lagi. Kalau sekarang kondisinya masih tidak enak," ujar Bunyamin di Semarang, Sabtu (15/2/2014).

Para kepala sekolah (kepsek) di Semarang mendapatkan instruksi dari Bunyamin pada Jumat 14 Februari. Kemudian kepsek memerintahkan guru untuk mengumumkan libur sekolah kepada murid atau orangtua murid.

Kepala SD Pedurungan Tengah 02 Sutikno mengatakan, pihaknya mendapat imbauan libur dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin pada Jumat malam. Ia pun segera memberitahukan para guru untuk melakukan pemberitahuan ke orangtua murid.

"Saya menerima SMS informasi ini jam 8 malam. Orangtua murid sebagian sudah di-SMS," ujar Sutikno. Kata dia, ternyata tidak semua orangtua siswa yang memperoleh informasi melalui SMS. Dan pada akhirnya pihak sekolah memasang papan pengumuman.

Ahyadi dan anaknya, Adi nugroho, siswa kelas 3 SD Pedurungan Tengah 02 Semarang, terpaksa kembali ke rumah setelah melihat papan pengumuman berisi pemberitahuan yang terpampang di depan gerbang. "Ternyata libur, ya pulang. Baru tahu ini," ujar Ahyadi di SD Pedurungan Tengah 02. (Riz/Sss)

Baca juga:

Muntahan Abu Gunung Kelud Sudah Sampai Bogor
Yogya & Magelang Masih Diselimuti Abu Kelud, Jarak Pandang Tipis
Kisah Galunggung, Nyaris Mencelakakan Pesawat British Airways

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini