Sukses

Bandara Adi Sumarmo Solo Mulai Dibersihkan dari Abu Kelud

Pihak pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo hari ini fokus melakukan pembersihan abu letusan Gunung Kelud yang menutupi landasan pacu.

Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, masih ditutup untuk semua jadwal penerbangan. Pihak pengelola bandara hari ini fokus melakukan pembersihan abu letusan Gunung Kelud yang menutupi landasan pacu bandara.

General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman menjelaskan semua petugas bandara dikerahkan untuk membersihkan abu vulkanik di areal landasan. Pembersihan abu itu juga dibantu personel TNI Angkatan Udara.

"Abu yang menutupi landasan bandara ini cukup tebal. Kami dibantu petugas TNI dalam membersihkan abu ini," kata dia saat dihubungi, Sabtu (15/02/2014).

Menurut dia, dengan kondisi seperti ini pihaknya belum bisa memastikan waktu dibukanya kembali bandara untuk penerbangan sejumlah maskapai yang melayani jurusan Solo maupun sebaliknya.

"Penutupan ini sampai kapan dilakukan saya belum bisa memberitahu, Mas," kata dia.

Sementara itu, untuk melihat dari dekat kondisi Bandara Adi Soemarmo pascahujan abu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara mendadak langsung melakukan kunjungan ke bandara pada Sabtu pagi.

Pada kesempatan itu Ganjar mengungkapkan, berdasarkan informasi perkiraan cuaca dari BMKG, cuaca akan mulai membaik pada hari Minggu. "Jadi kemungkinan hari Senin bandara sudah bisa dibuka," kata Ganjar. (Ado/Riz)

Baca juga :

Hujan Abu Kelud, Bandara Husein Sastranegara Tutup Hingga Sabtu
BMKG: Daerah yang Terpapar Abu Vulkanik Kelud Akan Diguyur Hujan
Bandara Abdurrahman Saleh Akan Dibuka Usai Hujan Abu Kelud Reda
Abu Kelud di Runway Adisucipto Setebal 5 cm
Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter
Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini