Sukses

Diduga Terkait Wawan, Mobil Mercy Ketua DPRD Banten Disita KPK

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menyita sebuah mobil Mercedes Benz dari penggeledahan di kawasan Serang, Banten.

Penyidik KPK kembali menyita mobil Mercedes Benz dari penggeledahan di kawasan Serang, Banten. Mobil warna hitam bernopol B 4 FIS itu diduga milik Ketua DPRD Banten, Aeng Haeruddin yang diberikan tersangka kasus dugaan pencucian uang, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

"Malam ini sekitar pk 18.30 WIB penyidik menyita 1 buah mobil Mercedez Benz B 4 FIS. Diduga milik Aeng Anggota DPRD Banten pemberian dari TCW," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Johan mengatakan, mobil itu disita dari teman dekat Wawan, Herdian Koesnadi. Dia adalah salah satu calon legislatif DPR PDI Perjuangan dari Dapil III Banten.

"Disita dari teman dekat TCW, Herdian Koesnadi. Mobil diantarkan langsung oleh anak buah Herdian ke KPK," ujar Johan.

Dalam penggeledahan di sejumlah lokasi, Kamis 13 Februari sore, penyidik KPK menyita beberapa mobil terkait kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, adik kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Mobil-mobil yang disita di antaranya Mini Cooper warna Abu-abu B 888 PZ, Toyota Vellfire hitam B 1476 SRS, APV B 1528 SFX, BMW X1 hitam B 412 ANA, Pajero hitam B 2704 MT, Toyota Alphard Vellfire putih B 1490 SRS, dan Pajero putih B 153 LEE.

Mobil-mobil itu disita dari beberapa rumah dan kantor di kawasan Serang dan Bumi Serpong Damai (BSD), milik sejumlah Anggota DPRD Banten.

Selain itu, penyidik juga menyita mobil Toyota Vellfire putih B 510 JDC dari kediaman artis Jennifer Dunn di Jalan Bangka, Jakarta Selatan. Belakangan, Jennifer akhirnya mengembalikan mobil itu ke KPK bila dibeli dari hasil korupsi Wawan. (Tnt/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.