Sukses

KPK: Terbuka Kemungkinan Periksa Artis-artis Lain Terkait Wawan

Sejumlah saksi sudah dipanggil terkait kasus yang menjerat adik kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Wawan. Penelusuran berlanjut.

KPK saat ini tengah menelusuri kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Sejumlah saksi sudah dipanggil terkait kasus yang menjerat adik kandung Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah tersebut.

Bahkan, beberapa saksi di antaranya diketahui menerima aliran dana atau barang dari Wawan. Mulai dari anggota DPRD Banten, pihak swasta, sampai kalangan artis.

"Saksi TCW itu ada Anggota DPRD Banten, ada pihak swasta, ada pihak swasta lain kaya Catherine Wilson, Jennifer Dunn, dan PNS," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Menurut Johan, semua saksi tersebut sama. Apakah dia anggota dewan atau artis. Mereka dipanggil penyidik KPK untuk menglarifikasi informasi dan data yang ditemukan terkait dugaan pencucian uang Wawan.

"Karena penyidik temukan aliran dana yang kemudian dikonfirmasi ke mereka. Jadi tidak dilihat dari posisinya," ujar Johan.

Karena itu, nantinya bukan tak mungkin penyidik akan memanggil artis-artis lain untuk dimintai keterangannya terkait kasus ini. Termasuk saksi-saksi dari anggota DPRD Banten maupun pihak swasta lain.

"Apakah ada anggota DPRD lain atau pekerja seni lain atau swasta lain dipanggil atau tidak, belum tahu. Tapi Sepanjang ada data atau informasi yang harus dikonfirmasi, maka akan dipanggil," ucap Johan.

Sejumlah pihak diduga menerima aliran dana dan barang dari Wawan terkait kasus dugaan pencucian uang. Tak hanya Anggota DPRD Banten, sejumlah artis pun diduga turut menerima aliran dari suami Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Dyani tersebut.

Tak cuma Jennifer Dunn, Chaterine Wilson juga disebut-sebut salah satu artis yang diduga menerima aliran dana atau barang dari Wawan. Bahkan, Chaterine dijadwalkan dimintai keterangannya penyidik hari ini, meski urung hadir dan dijadwal ulang.

Sementara untuk Jennifer sudah mengakui dibelikan Wawan sebuah mobil Toyota Vellfire putih. Yang mana mobil bernopol B 510 JDC itu sudah disita penyidik KPK, Rabu 12 Februari sore.

Selain keduanya, sejumlah artis papan atas Indonesia lain juga dikabarkan menerima aliran dana atau barang dari Wawan. Berdasar informasi yang dihimpun, para artis lain yang diduga menerima adalah S, PP, R, CA, ID, M, TB, I, RA, H, dan AE. (Tnt/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini