Sukses

Bantu Pengungsi, Kopassus Turunkan Tim Advance ke Gunung Kelud

Komando Pasukan Khusus Baret Merah menurunkan pasukan tim evakuasi bencana pasca meletusnya Gunung Kelud, Jawa Timur.

Komando Pasukan Khusus Baret Merah menurunkan pasukan tim evakuasi bencana pasca-meletusnya Gunung Kelud, Jawa Timur. Sedikitnya 41 personel gabungan diturunkan membantu para pengungsi dan di wilayah yang terkena abu vulkanik Gunung Kelud.

Tim evakuasi Kopassus di tengah lokasi bencana untuk memberikan solusi, guna mengurangi beban warga korban bencana abu vulkanik tersebut.

"Kedatangan tim evakuasi untuk memberi solusi dan perhitungan matang dalam melaksanakan giat evakuasi serta jangan menjadi beban bagi masyarakat," kata Mayjen Agus ketika melepas tim evakuasi di lapangan upacara Grup 2 Kopassus Kartasura, Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2014).

Koordinator tim evakuasi Kopassus itu, jelas Agus, dipimpin oleh Wadanyon 2.1 Grup 2 Kopassus Mayor Inf Wahyu Yuniartoto. Jumlahnya 41 orang. Terdiri dari anggota militer 33 orang, SAR UNS Solo 8 orang, serta pasukan pembawa peralatan pembersih.

"Di antaranya unit kendaraan sebanyak 5 NPS, 1 Bus Umum,1 Ambulans, 1 Hagglund, 3 motor trail dan 1 trailer tronton pengangkut Hagglund," beber Mayor Inf Wahyu Yuniartoto.

Wahyu menjelaskan, setibanya di Kediri tim akan berkumpul ke Kodim 0809/Kediri dengan berkoordinasi lebih dahulu yang diarahkan Kasdim Kediri. Kemudian mereka akan bergabung dengan satgas bencana lainnya untuk memasuki sasaran yang sementara ini belum diketahui.

"Berangkat ke Kediri dalam rangka melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan bencana di Gunung Kelud. Kediri sebagai team advance yang bertujuan untuk mendirikan poskotis," papar Wahyu.

Selanjutnya, kata Wahyu, tim akan berkoordinasi dengan aparat Pemda serta stake holder terkait yang lain-lain tentang titik atau lokasi mana saja yang membutuhkan bantuan tetapi tidak bisa dijangkau oleh stake holder setempat sehingga perlu ditindaklanjuti Tim Advance tersebut. (Tnt/Ali)

Baca juga:

Kelud Meletus, Tiket KA Kelas Ekonomi Jakarta-Jatim pun Ludes

BPBD: Abu Gunung Kelud Jangan Disiram Air, Bisa Robohkan Rumah

TNI AD Siapkan 1.420 Personel Bantu Evakuasi Korban Gunung Kelud



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini