Sukses

Kelud Meletus, Sejumlah Bandara Kemungkinan Dibuka Lagi Besok

Kemenhub mengatakan terjadi gangguan di 33 rute penerbangan akibat erupsi Gunung Kelud, termasuk rute penerbangan internasional.

Kementerian Perhubungan mengatakan terjadi gangguan di 33 rute penerbangan akibat erupsi Gunung Kelud yang terjadi sejak Kamis 13 Februari 2014 malam. Jumlah rute tersebut termasuk rute penerbangan internasional.

"Di rute penerbangan sebagian besar kena dampak. Ada 33 rute yang kena dampak penerbangan, 23 rute domestik dan 10 rute internasional," ujar Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Herry menjelaskan, pihaknya dan pengelola berusaha untuk mengoperasikan kembali bandara yang ditutup. Setidaknya beberapa bandara akan beroperasi kembali Sabtu besok, dengan catatan tak ada lagi aktivitas dari Gunung Kelud.

"Surabaya ditutup sampai pukul 06.00 WIB besok pagi, Yogyakarta sampai 07.30 pagi, kalau Solo sampai 07.30 pagi juga, Cilacap sampai 17.00 sore ini, Semarang sampai besok pagi jam 06.00, dan Bandung sampai jam 18.00 sore ini. Itu berkembang terus, kita masih menunggu perkembangan, kalau ada letupan kita monitor," papar Herry.

Direktur Operasional PT Angkasa Pura I, Yusan Sayuti mengatakan akibat ditutupnya Bandara Juanda di Surabaya, pihaknya merugi hampir Rp 2 miliar. Untuk mengatasi kerugian tersebut, Bandara Juanda akan dibuka 24 jam. Dengan jam operasional yang lebih lama dari biasanya, maka pemasukan pun akan bertambah dan dinilai mampu atasi kerugian hari ini.

"Untuk antisipasi, besok ada tambahan jam operasional. Besok akan ditambah frekuensi penerbangan, mungkin bisa menutupi," tandas Yusan. (Ado/Ism)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, 6 Bandara Ditutup dan KA Terlambat
Dampak Erupsi Gunung Kelud, 43 Penerbangan dari Bali Dibatalkan
Hujan Abu Kelud... Kecelakaan di Kebumen, Bandara Cilacap Tutup
Gunung Kelud Meletus, Wings Air Batalkan Dua Penerbangan
Lion Hentikan 90 Penerbangan Akibat Gunung Kelud Meletus
Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini