Sukses

Naik Sepeda, Jokowi Pantau Pemukiman Liar di Kanal Banjir Barat

Setelah mengecek kondisi, Jokowi mengaku akan membenahinya satu persatu.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengecek kondisi perumahan warga yang tinggal di bantaran Kanal Banjir Barat (KBB), Petamburan, Jakarta Barat pagi tadi.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu, menuju KBB dengan menggowes sepeda dari rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat. Setelah mengecek kondisi di sana, Jokowi mengaku akan membenahinya satu persatu.

"Tadi ngecek yang kemarin longsor, sudah selesai dikerjakan tanggulnya. Terus melihat juga warga yang di dalam sungai, rumah-rumahnya banyak sekali. Ini tidak dibantaran loh, tapi di dalam sungainya," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, (14/2/2014).

Karena itu, Mantan Walikota Solo ini mengaku akan segera merelokasi warga yang tinggal di bantaran Kanal Banjir Barat (KBB), Petamburan, Jakarta Barat. "Ini tanggul, dia di sini, itu kan bahaya sekali, antisipasinya nggak ada cara lain,  semua harus direlokasi, nggak ada kompromi," tuturnya.

Relokasi tersebut menurut Jokowi akan secepatnya dilakukan, namun masih menunggu rumah susun yang akan menjadi tempat relokasi warga di sana rampung. Ia pun menargetkan, dalam tiga bulan kedepan beberapa rusun yang sedang dibangun dapat segera ditempati.

"Secepatnya kalau rusunnya jadi, mungkin April atau Mei ada satu dua yang sudah selesai, langsung nanti tak tempati," jelasnya.

Selain meninjau lokasi pemukiman warga di dalam KBB, Jokowi juga menengok salah satu lokasi tanggul KBB yang tergerus akibat banjir selama beberapa minggu lalu. Jokowi mengaku, dirinya hanya ingin memastikan kalau tanggul tersebut kondisinya telah diperbaiki.

"Kalau yang longsor sudah selesai. Saya cuma mau lihat saja," tukasnya. (Adm/Ein)

Baca Juga:
Ahok: Memang Pusing Kalau Mau Ngurus Apapun di Jakarta...
Jokowi-Ahok Cari Kepala PTSP yang Bisa Menggebrak
Kepala Ortala Jadi Kadisdik, Ahok: Dia Jagonya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini