Sukses

Ahok: Bus Karatan Tak Sesuai Spek, Balikin!

Wagub Ahok mengancam mengembalikan 10 bus BKTB dan 5 bus Transjakarta yang baru tiba namun mengalami kerusakan dan karatan.

Sebanyak 10 unit Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) dan 5 unit bus Transjakarta yang masih dalam kondisi baru mengalami kerusakan dan karatan. Pemprov DKI pun menurunkan sejumlah ahli untuk meneliti dugaan kerusakan dan karatan itu disebabkan uap air laut dalam perjalanan dari China menggunakan kapal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, apabila hal itu benar, maka kualitas bus tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi. Maka, kemungkinan pihaknya akan memulangkan bus-bus tersebut kepada PT Ankai Automobile China selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

"Kalau pemeriksaan nggak layak dan nggak sesuai spek, ya kita balikin. Kita nggak mau terima lebih tepatnya," tegasnya di Balaikota Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur itu tidak mempermasalahkan jumlah armada bus sedang nantinya yang menjadi berkurang. Yang terpenting, bus-bus yang ada memiliki kualitas terbaik, agar dapat beroperasi dalam waktu lama.

"Nggak apa-apa, kita kan nggak mau terima yang sebulan sudah hancur," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Drajat Adyaksa beberapa waktu lalu mengungkapkan kerusakan yang dialami 5 unit Transjakarta dan 10 unit BKTB merupakan tanggung jawab vendor atau pihak penyedia, yaitu PT Sapta Guna.

"Apa pun kerusakannya, mau kecil atau besar, itu tanggung jawab pihak penyedia, vendor. Akan diperbaiki," kata Drajat, Selasa 11 Februari 2014.

Diakuinya, terdapat beberapa kerusakan minor seperti penutup instrumen dashboard yang tidak dibaut. Maka, perbaikan merupakan tanggung jawab 2 karoseri dalam negeri, yaitu Rahayu Sentosa di Bogor dan Restu Ibu di Gunung Putri, yang bekerja sama dengan PT Sapta Guna.

Sementara, untuk kerusakan pada kerangka dan mesin, pihak APTM-lah yang memiliki tanggung jawab perbaikan maupun penggantian. (Ado/Sss)

Lihat juga:

[VIDEO] Transjakarta Mogok Lagi, Grogol Macet 5 Km
[VIDEO] Angkot KWK Mulai Beroperasi, Jalur BKTB Masih Sepi
Bongkar Pasang Pejabat Pemprov DKI
Transjakarta Patah As di Grogol Sebabkan Kemacetan Parah
Kecelakaan dan Gangguan Transjakarta Warnai Lalu Lintas Ibukota

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.