Sukses

[VIDEO] Kelud Meletus, Penumpang Pesawat Beralih ke Kereta

Akibat pembatalan sejumlah penerbangan ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur akibat letusan Kelud, penumpang pesawat beralih menggunakan KA.

Peningkatan calon penumpang kereta terlihat di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pagi tadi. Mereka terpaksa beralih dari Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Gambir karena keberangkatan pesawat ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur dibatalkan menyusul letusan Gunung Kelud.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/2/2014), diperkirakan volume calon penumpang kereta di Stasiun Gambir akan terus meningkat, mengingat sejumlah bandara di Pulau Jawa ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyembur hingga ketinggian 17 kilometer dari puncak Gunung Kelud.

Akibat abu vulkanik Gunung Kelud yang menyebar luas ke beberapa kota di sekitarnya, sejumlah bandara Jawa Timur dan Jawa Tengah ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Sejumlah penerbangan di tanah air juga dibatalkan.

Gunung Kelud mulai erupsi pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kelud berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari pukul 22.15 WIB. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud
Gunung Kelud Meletus, 40 Penerbangan Ditunda
Gunung Kelud Meletus, Tiket Kereta Api Ludes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.