Sukses

[VIDEO] Kelud Meletus, Terminal 2 Juanda Batal Diresmikan

Dampak letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur seluruh penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur tertunda.

Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur diselimuti abu letusan Gunung Kelud. Akibatnya sejak penerbangan pertama pukul 5 tadi pagi, seluruh penerbangan tertunda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/2/2014), hari ini sedianya PT Angkasapura I Juanda juga akan meresmikan operasional Terminal 2 Juanda, tetapi acara pun gagal.

Pengelola bandara belum dapat memastikan kapan jadwal penerbangan akan dibuka kembali. Akibatnya penumpang pun menumpuk. Abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud ini menutupi landasan pacu Bandara Juanda hingga setebal 1 centimeter.

Sejumlah penumpang hingga siang tadi masih menunggu dalam ketidakpastian. Pengelola Bandara Juanda akan terus mengumumkan secara berkala perkembangan kondisi penerbangan pasca letusan Gunung Kelud kepada penumpang.

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyembur hingga ketinggian 17 kilometer dari puncak Gunung Kelud.

Gunung Kelud mulai erupsi pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kelud berstatus Awas atau Level IV sejak Kamis 13 Februari pukul 22.15 WIB. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, 6 Bandara Ditutup dan KA Terlambat
Kemenhub: Maskapai Jangan Hanguskan Tiket karena Gunung Meletus
Dampak Erupsi Gunung Kelud, 43 Penerbangan dari Bali Dibatalkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini