Sukses

[VIDEO] Hujan Abu Meluas, Pengungsi Kelud Pindah 3 Kali

Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur meletus. Warga di kaki gunung panik berhamburan menyelamatkan diri. Seorang anak terpisah dari ibunya.

Di kegelapan malam, sekilas terlihat kilatan letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, Kamis 13 Februari. Petir sesekali menyambar di sekitar puncak gunung. Dalam letusan ini, Kelud menyemburkan material vulkanik sejauh 3 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/2/2014), abu, pasir dan batu terlontar menghujani area sekitar Kelud. Warga pun langsung berusaha segera menyelamatkan diri dari dahsyatnya letusan Kelud.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PV-MBG) menegaskan area dalam radius 10 kilometer dari puncak Kelud harus dikosongkan.

Di tengah kepanikan ini, seorang bocah menangis tersedu di pengungsian karena terpisah dengan orangtuanya saat dievakuasi.

Pengungsi Gunung Kelud di posko utama di Simpang Lima Gumul, Kediri terpaksa dipindahkan. Harusnya tadi malam mereka mengungsi di gedung sekolah di Wates, tetapi karena daerah tersebut juga diguyur hujan abu, mereka kemudian ditempatkan di posko utama.

Namun, pagi ini mereka kembali dipindahkan ke lokasi pondok pesantren karena posko utama akan dijadikan gudang logistik dan obat-obatan. Sejauh ini petugas memastikan tidak ada jatuh korban jiwa di Kediri.

Di Kediri tercatat 66 ribu warga dari 4 kecamatan diungsikan dari daerah bahaya letusan dalam radius 10 kilometer dari puncak Kelud. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, 100.248 Jiwa Mengungsi

BNPB: Isu Gempa Besar Setelah Erupsi Gunung Kelud Hoax!
[VIDEO] Kelud Meletus Lebih Dahsyat, Posko Ungsian Dipindahkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini