Sukses

Hujan Kurangi Dampak Abu Kelud di Banyumas

Meski begitu, dampak itu terminimalisir akibat hujan yang mengguyur Banyumas.

Hujan abu akibat letusan Gunung Kelud juga sampai ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Meski begitu, dampak itu terminimalisir akibat hujan yang mengguyur Banyumas.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (14/2/2014), hujan yang mengguyur Banyumas, Jawa Tengah, sejak pagi melarutkan abu vulkanik Gunung Kelud. Sehingga pada pagi hari dampaknya tidak terlalu dirasakan warga Banyumas.

Warga Banyumas masih beraktivitas seperti biasa. Usai hujan berhenti, butiran abu mulai dirasakan warga sehingga mereka mulai menggunakan masker. Warga mulai membeli masker dan di sejumlah titik di kota Purwokerto. Terlihat sejumlah pedagang menjajakan masker di pinggir jalan.

Hinggga siang ini belum terdapat informasi pembagian masker oleh Pemkab Banyumas, maupun instansi lain, meski intensitas hujan abu makin meningkat.

"Saya terpaksa beli masker karena saya kira tadi pagi tidak terlalu parah. Ternyata semakin siang makin tebal abunya," ujar Sarkim, warga Purwokerto.

Intensitas hujan abu masih terus berlangsung. Semakin siang abu vulkanik yang dirasakan semakin tebal. Meski demikian aktivitas warga belum terganggu. Cuaca juga terpantau mendung sepanjang hari ini. (Ism/Yus)

Baca juga:

Letusan Gunung Kelud dari Masa ke Masa

Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud

Kelahiran Bung Karno `Disambut` Letusan Gunung Kelud

Letusan Kelud: Bahaya yang Mengintai dari `Ring of Fire`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini