Sukses

Abu Vulkanik Gunung Kelud Hingga NTB

"Di bagian timur hujan abu hingga Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Ampenan NTB," kata Sutopo.

Debu vulkanik Gunung Kelud dari Kediri, Jawa Timur, menyebar ke berbagai wilayah. Bahkan, debu vulkanik gunung yang terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, itu sampai ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Di bagian timur hujan abu hingga Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Ampenan NTB," kata Kepala Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/2/2014).

Menurut Sutopo, semburan material Gunung Kelud setinggi 17 kilometer. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan abu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah timur laut, pada lapisan 5.000 meter ke arah barat laut dan pada 9.000 meter ke arah barat.

"Material abu dan pasir tersebut melayang-layang di atmosfer dan menyebar di daerah yang jauh dari Gunung Kelud," tutur Sutopo.

Wilayah barat lebih banyak terjadi hujan abu dan pasir. Wilayah-wilayah yang dilanda hujan abu di wilayah barat Gunung Kelud antara lain Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Bantul, Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo, Purworejo, Kebumen, Solo, Boyolali, Salatiga, Temanggung.

Gunung berketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut itu meletus mulai 22.50 WIB. Sampai saat ini, gunung yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini masih berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari, pukul 22.15 WIB. (Eks/Ism)

Baca juga:
Abu Gunung Kelud Sampai ke Tasikmalaya
Gunung Kelud Meletus, 2 Orang Tewas dan 18 Hilang di Malang
Material Gunung Kelud Menyembur Hingga Ketinggian 17 Kilometer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini