Sukses

SBY: Saya Mau ke Gunung Kelud, Tapi...

Presiden SBY berencana mengunjungi Gunung Kelud.

Meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, membuat wilayah di sekitarnya dihujani abu vulkanik. Presiden SBY pun berencana mengunjungi Gunung Kelud.

"Saya berencana berkunjung ke lokasi bencana. Namun sekarang, konsentrasi saya, BNPB, Pemda Jatim, TNI dan Polri untuk tanggap darurat dulu," tulis SBY di akun twitter-nya, @SBYudhoyono, Jumat (14/4/2014).

Karena besarnya jumlah pengungsi dan sebaran abu vulkanik yang mencapai Surabaya dan Madiun, Presiden SBY langsung memimpin rapat, agar tanggap darurat berjalan baik. "Sama dengan penanganan erupsi Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dan gunung-gunung lain, pemerintah pusat membantu anggaran dan logistik," lanjutnya.

Saat ini, ungkap SBY, Kepala BNPB dan Gubernur Jatim telah ada di lokasi. Mereka akan memimpin langsung kegiatan tanggap darurat dengan prioritas penanganan pengungsi.

"Kepada TNI dan Polri, saya sudah instruksikan untuk bantu masyarakat secara aktif di lapangan. Satuan TNI dikerahkan untuk bantu kegiatan tanggap darurat. Radius 10 km telah dikosongkan. Hingga tadi pagi pengungsi mencapai sekitar 200.000 orang, tersebar di wilayah Kediri, Blitar dan Malang," papar SBY.

"Alhamdulillah korban jiwa dapat dihindari, meskipun situasinya belum aman benar dan masih terus dilakukan pemantauan secara aktif," tukas Presiden SBY. (Mut/Ism)

Baca juga:
Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter
Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa
Warga Kediri: Kelud Meletus, Hujan Pasir Deras Kayak Air

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.