Sukses

Ada Kabar Letusan Susulan Gunung Kelud, Warga Kediri Panik

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyebar hingga jarak ratusan kilometer dari Gunung Kelud.

Kota Kediri yang menjadi lokasi terdekat Gunung Kelud dihujani muntahan abu vulkanik sejak Kamis malam sekitar pukul 22.50 WIB hingga Jumat (14/2/2014) pagi, sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu, warga di sekitar Gunung Kelud langsung mengungsi ke tempat pengungsian pada radius 20 km. Mereka mengungsi di Kantor Kecamatan Wates.

Ari Juliardi, staf ahli anggota DPR yang berada di Kecamatan Ngasem, Kediri mengatakan, sebagian besar pengungsi saat ini merasa panik setelah mendapat informasi dari petugas bahwa kemungkinan besar bakal ada letusan susulan yang disusul gempa bumi.

"Mereka sekarang masih panik, takut karena dikabarkan ada letusan susulan dan gempa," kata Ari di Kediri saat dihubungi Liputan6.com dari Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Dia menjelaskan, situasi Kediri saat ini sudah kembali normal. Seperti yang terjadi di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Kondisi cuaca sudah kembali seperti semula setelah dijatuhi hujan abu.

"Sekarang sudah normal, tak ada lagi abu," ujar Ari Juliardi, staf ahli anggota DPR yang berada di Kecamatan Ngasem, Kediri.

Gunung Kelud mulai meletus pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kemudian disusul hujan batu ke Pare, Kediri. (Riz/Sss)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter
Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa
Warga Kediri: Kelud Meletus, Hujan Pasir Deras Kayak Air

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini