Sukses

Material Gunung Kelud Menyembur Hingga Ketinggian 17 Kilometer

Letusan terbesar terjadi pukul 23.30 WIB Kamis malam. Kelud memuntahkan jutaan meter kubik material vulkanik.

Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meletus dahsyat pada Kamis 13 Februari 2013 malam. Letusan terbesar gunung dengan tinggi 1.731 meter di atas permukaan laut itu terjadi pada pukul 23.30 WIB.

"Erupsi Gunung Kelud pada Kamis 13 Februari pukul 23.30 WIB setinggi 17 kilometer dan melontarkan jutaan meter kubik abu vulkanik dan pasir," ujar Kepala  Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Jumat (14/2/2014).

Menurut Sutopo, analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), abu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah timur laut, pada lapisan 5.000 meter ke arah barat laut dan pada 9.000 meter ke arah barat.

"Material abu dan pasir tersebut melayang-layang di atmosfer dan menyebar di daerah yang jauh dari Gunung Kelud," tutur Sutopo.

Wilayah barat, kata Sutopo, lebih banyak terjadi hujan abu dan pasir. Wilayah-wilayah yang dilanda hujan abu antara lain Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Bantul, Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo, Purworejo, Kebumen, Solo, Boyolali, Salatiga, Temanggung.

Gunung Kelud meletus mulai 22.50 WIB. Dan saat ini, gunung yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini masih berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari, pukul 22.15 WIB. (Eks/Yus)

Baca juga:
Gunung Kelud dari Masa ke Masa
Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud
Abu Gunung Kelud Sampai ke Tasikmalaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini