Sukses

Daftar Kota yang Terkena Muntahan Abu Gunung Kelud

2 Orang di wilayah Ngantang, Malang, dilaporkan tewas akibat letusan Gunung Kelud.

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyebar hingga jarak 17 kilometer dari Gunung Kelud.

2 Orang di wilayah Ngantang, Kabupaten Malang, dilaporkan tewas akibat letusan Gunung Kelud. Sementara 18 orang lainnya dilaporkan masih hilang. Hingga saat ini tim evakuasi masih mencari warga di sekitar Gunung Kelud yang dilaporkan hilang.

Gunung Kelud mulai erupsi pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kemudian disusul hujan batu dan abu vulkanik ke sejumlah kota-kota di sekitarnya.

Abu vulkanik yang menyebar membuat jarak pandang di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Jumat (14/2/2014) pagi menjadi terbatas. Penerbangan dari dan menuju kawasan Jatim dan Jateng dibatalkan. Candi Borobudur dan Prambanan pun ditutup.

Berikut daftar kota atau kabupaten yang terkena muntahan abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud, yang dihimpun Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

1. Jawa Timur

Surabaya, Kediri, Ngawi, Madiun, Malang, Trenggalek, Tulungagung, Banyuwangi, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Magetan, Lamongan, Bojonegoro, Mojokerto;

2. Jawa Tengah

Semarang, Solo, Klaten, Wonosobo, Temanggung, Boyolali, Magelang, Purworejo, Cilacap, Purwokerto, Purwodadi, Tegal, Rembang, Batang, Jepara, Kebumen;

3. Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta dan sekitarnya;

4. Jawa Barat

Bandung, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Kuningan, Indramayu, Bogor;

5. Nusa Tenggara Barat

Ampenan, Mataram.

Bagi pembaca Liputan6.com yang wilayah tempat tinggalnya belum disebut, silakan lapor dengan mention ke @liputan6dotcom atau berikan komentar ke kolom di bawah ini. Kami akan memperbaiki atau memperbaruinya secara berkala. (Riz/Yus)

Baca juga:
Gunung Kelud dari Masa ke Masa
Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud
Abu Gunung Kelud Sampai ke Tasikmalaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini